(Rumor) Update iOS 13 Tidak Mendukung iPhone 5s Hingga iPhone 6s

Jumat, 01 Februari 2019 | 09:40

Update iOS selalu dikenalkan Apple di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) pada pertengahan tahun. Jika sesuai jadwal dan kebiasaan tahunan, Apple akan mengenalkan iOS 13 di WWDC 19 mendatang.

Perangkat iOS apa saja yang akan mendukung iOS 13? Menurut laman sumber The Verifier (via Macrumors), update iOS 13 akan menghapus dukungan untuk 3 generasi perangkat iPhone sekaligus.

Yaitu iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, serta iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dan kemungkinan juga iPhone SE.

The site says iOS 13 will be unavailable on the iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, and iPhone 6s Plus, all devices that are compatible with iOS 12.

Baca Juga: Update iOS 13 Akan Mendukung Dark Mode dan Homescreen Baru di iPad

Sedangkan untuk perangkat iPad, kabarnya iOS 13 tidak akan mendukung perangkat iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Air 2 dan kemungkinan iPad Mini 4. Namun anehnya iPod Touch generasi keenam disebut masih akan mendukung iOS 13.

The Verifier tidak menjelaskan sumber informasi yang mereka dapatkan, sehingga rumor ini masih sangat dipertanyakan.

Selama ini Apple selalu memberikan update iOS terbaru untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch hingga 4–5 tahun setelah perangkat tersebut rilis.

Bahkan di iOS 12, iPhone 5s menjadi salah satu perangkat yang berusia paling panjang karena tetap mendapatkan dukungan iOS terbaru hingga tahun kelima.

Masih dikutip dari laman sumber, kabarnya Apple akan memberikan update iOS 13 hanya ke perangkat iPhone 7 atau yang lebih baru untuk mengajak kamu membeli iPhone baru.

Mungkinkah hal ini berkaitan dengan berita penjualan iPhone yang turun cukup banyak dalam laporan keuangan sebelumnya?

Saya pribadi berhadap iOS 13 masih akan mendukung iPhone 6s atau yang lebih baru. Bagaimana dengan kamu, apakah merasa kecewa jika rumor ini akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya