Apple Tawarkan $ 9,7 Juta Untuk Keperluan Transportasi Kota Cupertino

Kamis, 04 April 2019 | 15:16

Apple baru saja menawarkan bantua dana sebesar $ 9,7 juta kepada pemerintah kota Cupertino untuk kebutuhan sarana transportasi.

Dikutip dari The Mercury News, bantuan dana dari Apple ini difokuskan untuk proyek pembangunan jalur khusus sepeda dan juga pejalan kaki.

Cupertino sendiri dipilih karena merupakan 'kota kelahiran' Apple Inc.

Baca Juga : Setelah Tiongkok, Kini Apple Turunkan Harga Produknya di India

Tawaran dana segar dari Apple itu sendiri muncul menyusul adanya rencana pemerintah kota Cupertino yang hendak mengubah aturan pajak bagi bisnis.

Dari yang sebelumnya didasarkan pada ukuran lahan bisnis menjadi berdasarkan jumlah pegawai yang ada pada bisnis tersebut.

Sebelumnya Apple memang telah menunjukkan upaya yang serius untuk kemajuan dan kelancaran transportasi di Cupertino.

Namun sayangnya, keputusan tersebut harus ditunda hingga 2020 sebagai upaya bagi kedua pihak untuk dapat mematangkan keputusan atau bahakn dapat menghasilkan keputusan lain.

Apple approached the city after a proposal last year to change the city’s business license tax from a flat fee with a progressive rate based on total square footage, to a tax based on the number of people a business employs. The change would have generated $10 million in annual revenue, most which would have come from Apple, the city’s largest employer with 24,000 workers.

Keputusan Apple ini mendapat reaksi beragam dari anggota dewan kota. Bahkan Wakil Walikota, Liang Chao merasa kalau keputusan tersebut cukup mengecewakan kalau melihat dari besarnya Apple.

Baca Juga : Adrian Perica Naik Jabatan Menjadi VP Corporate Development di Apple

Liang Chao menaksir, seharusnya Cupertino berhak mendapat bantuan hingga $ 10 miliar jika didasarkan kepada pendapatan Apple.

“I have to say, I’m a little disappointed at the funding level. When we were considering the tax, the city would have gotten $10 million in ongoing income,” said Vice Mayor Liang Chao.

Chao juga mempertanyakan mengapa Apple hanya fokus pada pesepeda dan pejalan kaki saja bukan upaya langsung untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Sementara WalikotaSteve Schaf memiliki pandangan yang berbeda mengenai kapan waktu yang tepat untuk 'meminta' uang pada Apple.

Menurutnya, jalur sepeda dan pejalan kaki bukanlah menjadi kebutuhan yang utama bagi warga kota, setidaknya untuk saat ini.

Selanjutnya keputusan ini masih akan dibahas oleh dewan kota Cupertino dalam jangka waktu yang belum ditentukan.(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya