Puluhan Ribu iPhone Bekas Terpaksa Dihancurkan Karena Terkunci iCloud

Senin, 15 April 2019 | 10:05

Apakah kamu masih menyimpan perangkat iPhone seri lawas yang sudah tidak digunakan?

Di Amerika Serikat, biasanya produk elektronik yang sudah tidak digunakan akan menjadi barang donasi agar dapat digunakan pengguna lain. Salah satunya termasuk perangkat iPhone.

Namun menurut laporan dari CoPIRG Foundation, ada berita cukup menyedihkan dari perangkat iPhone yang didonasikan dan akhirnya harus dihancurkan.

The Wireless Alliance, sebuah fasilitas daur ulang produk elektronik di Lafayette, Colorado mencatat bahwa lebih dari 66 ribu iPhone bekas layak pakai harus mereka hancurkan sejak tahun 2015.

Alasannya adalah semua iPhone tersebut masih terkunci dengan fitur anti pencurian dari Apple yang biasa disebut iCloud Activation Lock.

Bahkan di tahun 2018, satu dari empat iPhone yang didonasikan masih terkunci dalam fitur tersebut padahal masih sangat layak untuk digunakan.

..they have received over 66,000 reusable phone that were activation locked iPhones since 2015. These reusable phones were scrapped instead of being reused because of the activation lock. 1 in 4 iPhones they received in 2018 were activation locked, and this proportion is expected to grow with time.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Perangkat iPhone Jadul

Sejumlah perangkat iPhone yang mereka hancurkan tersebut sebetulnya masih sangat layak untuk dipakai.

Namun hal ini menjadi berubah karena iCloud Activation Lock atau akun iCloud dari pengguna sebelumnya belum dimatikan.

Sehingga solusi terakhir yang harus diambil adalah menghancurkan perangkat tersebut atau didaur ulang.

Ponsel yang didonasikan dan terkumpul di The Wireless Alliance biasanya berasal dari kegiatan donasi di sekolah, lingkungan perumahan atau kegiatan gereja.

Beberapa donator tersebut mungkin sudah tidak ingat akun iCloud yang digunakan sebelumnya karena iPhone tersebut sudah tersimpan hingga beberapa tahun di lemari.

Nah bagi kamu yang masih menyimpan iPhone bekas dan tidak lagi digunakan, pastikan untuk melakukan Restore atau Erase All Content and Settings serta menghapus iCloud di perangkat tersebut ya!

Tag :

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya