Apple Akan Bantu Restorasi Katedral Notre Dame Pasca Kebakaran

Rabu, 17 April 2019 | 12:00
Bloomberg

Proses pemadaman api di Katedral Notre Dame

MakeMac.com -Apple melalui bosnya, Tim Cook, berjanji akan memberikan donasi untuk pembangunan kembali Katedral Notre-Dame de Paris yang mengalami musibah kebakran Senin (15/4) lalu.

Api yang berkobar selama 15 jam itu menghanguskan bagian atap dari bangunan ikonik berusia 850 tahun itu. Hal itu mengakibatkan runtuhnya menara utama dari bangunan tersebut.

Baca Juga : Tim Cook Berkunjung ke Tiongkok untuk Bertemu Perdana Menteri

Menurut laporan dari BBC, petugas pemadam kebakaran telah berupaya sepanjang malam untuk melindungi struktur utama bangunan agar tidak runtuh.

Pemerintah Perancis mengatakan kalau bangunan tersebut akan segera runtuh mengingat menara utama telah hancur. Namun pihak pemadam kebakaran sudah mengupayakan agak keruntuhan dapat dihindari.

Fears grew that the cathedral’s famous towers would also be destroyed. But while a number of fires did begin in the towers, French Deputy Interior Minister Laurent Nuñez said they were successfully stopped before they could spread

Fire brigade spokesman Lt-Col Gabriel Plus said: “The whole of the roof has been devastated… a part of the vault has collapsed, the spire is no more.”

However, it could have been much worse. Mr Nuñez said that, had fire crews not entered the building, “without doubt it would have collapsed.”

Laporan dari BBC juga menyatakan kalau jutaan Euro sudah disiapkan oleh pemerintah Perancis untuk merestorasi bangunan bersejarah tersebut.

French President Emmanuel Macron vowed to reconstruct the historic building even as the fire still burned, while two French business magnates had pledged about €300m ($339m; £259m) between them by early Tuesday

Baca Juga : Setelah 2 Tahun, Apple dan Qualcomm Sepakat Tempuh Jalur Damai

Selain itu, lewat akun Twitternya, CEO Apple Tim Cook juga mengucapkan bela sungkawa sekaligus mengungkapkan bahwa Apple akan mendonasikan dana unutk membangun kembali Notre Dame.

Dengan banyaknya dukungan yang datang dari berbagai pihka ini, diharapkan bangunan katedral bersejarah ini akan kembali bisa beroperasi seperti sedia kala.(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya