Tim Cook Janji Perluas Penggunaan Screen Time dan Parental Control

Minggu, 05 Mei 2019 | 09:00

Tim Cook di Pembukaan Apple Chicago, Maret 2018

Tim Cook akhirnya angkat bicara mengenai kasus baru-baru ini antara Apple dan developer penyedia aplikasi di App Store.

Berawal dari keputusan Apple menutup beberapa aplikasi terkait fitur Screen Time dan Parental Control, beberapa Developer menyatakan tidak puas terhadap keputusan Apple tersebut.

Baca Juga : Developer Anggap Masalah Parental Control dan Screen Time Belum Usai

Tim Cook, dalam wawancaranya bersama stasiun televisi Amerika, ABC News pada Sabtu (4/5/2019) mengatakan akan fokus pada 3 hal terkait fitur Screen TIme: privasi pengguna, ketergantungan iPhone, dan anak-anak dalam iPhone.

Dalam wawancara bersama Diane Sawyer tersebut, Tim mengungkapkan bahwa privasi pengguna menjadi isu terbesar yang menjadi fokus Apple saat ini dan menjanjikan bahwa data pengguna bukanlah produk yang dijual Apple.

Ancaman terbesar melukai orang adalah “Peeping Tom”, istilah Tim untuk orang yang mengawasi privasi pengguna via internet.

The people who track on the internet know (Peeping Tom) a lot more about you than if somebody’s looking in your window. A lot more. Our products are iPhone and iPads. We treasure your data. We want to help you, keep it private and keep it secure. We’re on your side.

Terkait ketergantungan penggunaan iPhone, CEO Apple ini juga mengungkapkan bahwa ia sendiri masih kesulitan untuk meminimalisir penggunaan iPhone.

Sejak diluncurkan untuk iOS 12, fitur Screen Time diharapkan Tim untuk dapat melepas ketergantungan dan mengajak penggunanya untuk melakukan kegiatan lain yang lebih berarti.

We make money if we can convince you to buy an iPhone, but I don’t want you using the product a lot. What we want to build are products to enrich your life, do something you couldn’t do without it. That’s what gets us excited.

Fokus ketiga Apple adalah tentang anak-anak dalam menggunakan gadget, khususnya iPhone.

What we’re trying to do is give the parent the controls. There’s no standard for parenting, as we both know. People have different views about what should be allowed and not.

Tim berharap dengan adanya fitur Screen Time dan Parental Control mampu membuat orang tua semakin bijak dalam memberikan kebebasan pada anak, terutama berkaitan dengan konten aplikasi, lirik lagu yang tidak pantas, hingga paparan media sosial.

Baca Juga : Apple Rilis Pernyataan Resmi Terkait Parental Control dan Screen Time

Wawancara Tim Cook ini seakan jawaban Apple atas kritikan yang diberikan pada para developer terkait penghentian beberapa aplikasi karena menggunakan teknologi MDM (Mobile Device Management).

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya