6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Harus Ganti iPhone Baru, Jangan Ditunda!

Kamis, 16 Mei 2019 | 17:00

Perangkat iPhone memang dikenal dengan umur pemakaian yang panjang.

Ya, ini karena Apple mendesain sendiri sistem operasi dan perangkat keras secara lengkap. Sehinggasemuanya bisa bekerja sangat optimal.

Namun semua perangkat elektronik pasti punya batasan umur untuk digunakan. Baik karena teknologi yang digunakan atau usia perangkat di dalamnya.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi beberapa tanda bahwa kamu harus segera ganti iPhone. Simak infonya ya!

1. Tidak Mendukung iOS Terbaru

Update iOS 12.1.2

Tanda-tanda pertama bahwa kamu harus segera ganti dengan iPhone terbaru adalah saat perangkat tersebut tidak mendukung iOS terbaru.

Apple biasanya memberikan dukungan iOS hingga 5 tahun dari perangkat rilis. Contohnya adalah iPhone 5s (rilis 2013) masih mendapatkan dukungan iOS 12 yang rilis di tahun 2018.

Jika lebih dari 5 tahun, biasanya sudah tidak akan mendaptkan dukungan iOS terbaru, misalkan iPhone 5, iPhone 5c hingga iPhone 4s yang lebih jadul.

Memang sih tidak mendapatka iOS terbaru bukan akhir dari segalanya, namun kemungkinan besar aplikasi favorit kamu bisa sajaakan berhentimemberikan dukungannya.

2. Tidak Mendukung Aplikasi yang Sering Kamu Gunakan

Angry Birds AR: Isle of Pigs

Alasan kedua untuk ganti iPhone adalah ketika aplikasi yang sering kamu gunakan sudah tidak mendukung perangkat iPhone tersebut atau mungkin tidak mendukung iOS paling baru yang dapat digunakan di iPhone.

Contohnya adalah iPhone 6 dan aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality.

Saat ini iPhone 5s dan iPhone 6 memang masih mendukung iOS 12, namun produk tersebut tidak mendukung teknologi Augmented Reality karena keterbatasan hardware yang digunakan.

Jika kamu memang sangat perlu untuk menggunakan teknologi Augmented Reality tetapi masih menggunakan iPhone 5s atau iPhone 6, kini sudah saatnya berpikir untuk ganti iPhone.

Baca Juga : 8 Aksesoris Pilihan untuk Pengguna Apple Watch

3. iPhone Rusak dan Harga Perbaikan yang Tidak Layak

Mungkin kamu masih menggunakan iPhone 5s atau iPhone 6 dan menemukan beberapa kerusakan perangkat keras?

Coba hitung biaya perbaikan yang mungkin harus kamu keluarkan. Jika harga perbaikan ini dirasa terlalu mahal, saya sarankan untuk memilih opsi ganti iPhone baru.

Karena dengan biaya perbaikan yang besar, pada akhirnya kamu akan tetap mendapatkan produk iPhone yang sama.

Namun jika kamu memilih untuk membeli iPhone terbaru, spesifikasi hardware yang didapatkan jelas baru dan tentunya kondisi terbaik.

4. Kamera iPhone Lawas yang Sudah Ketinggalan Jaman

Siapa sih yang tidak suka mengambil gambar dengan perangkat iPhone? Pasti semuanya suka.

Jika sudah cukup lawas, teknologi kamera yang ada di iPhone tersebut akan terasa ketinggalan jaman dan mungkin mengecewakan saat ingin digunakan.

Misalkan terlalu gelap saat digunakan di malam hari, resolusi gambar yang rendah dan beberapa hal lainnya.

Jika performa kamera iPhone adalah alasan kamu untuk terut memotret dan berkarya namun sudah tidak mampu lagi, silakan ganti ke iPhone terbaru jika diperlukan ya.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual atau Ganti iPhone

5. Sulitnya Mencari Aksesoris yang Mendukung

Karena sudah terlalu lawas, mungkin aksesoris untuk iPhone yang kamu gunakan sudah tidak dapat ditemukan lagi dengan mudah.

Misalkan untuk iPhone 4, kabel 30 Pin Connector memang sudah sangat sulit ditemukan. Itu artinya kamu disarankan untuk segera ganti ke iPhone versi baru.

6. Sering Kehabisan Kapasitas Penyimpanan?

Apakah kamu menggunakan iPhone dengan kapasitas penyimpanan 16GB atau 32GB dan sering menemukan masalah kapasitas penuh?

Terlalu sering menghabiskan waktu untuk menghapus data dan kadang kerepotan? Mungkin ini adalah saatnya untuk mengganti iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Saran saya, jangan pilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan paling kecil di setiap serinya. Silakan pilih dengan kapasitas di tengah atau yang paling tinggi sekalian jika masuk di anggaran.

Karena dengan cara tersebut, kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih besar denganharga beberapa juta lebih mahal saja.

Selain itu peminat iPhone bekas dengan kapasitas penyimpanan besar pasti lebih tinggi jika suatu saat ingin kamu jual.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya