Apple Akui Masalah Flexgate di Layar MacBook Pro 2016, Segera Klaim!

Rabu, 22 Mei 2019 | 12:00

Apple akhirnya mengakui bahwa layar di perangkat MacBook Pro tahun 2016 bisa mengalami masalah di bagian backlight atau selama ini disebut sebagai Flexgate.

Kini bagi kamu pengguna MacBook Pro 2016 ukuran 13 inci yang mengalami masalah tersebut, dapat mengajukan klaim ke Apple dan mendapatkan perbaikan secara gratis.

Program perbaikan ini bernama 13-inch MacBook Pro Display Backlight Service Program.

Berikut ini ciri-ciri masalah Flexgate yang dibagikan oleh Apple lewat Apple Support:

  • Lampu latar layar terus menerus atau sebentar-sebentar menunjukkan area terang vertikal di sepanjang seluruh bagian bawah layar
  • Lampu latar layar berhenti bekerja sepenuhnya
Lalu untuk daftar perangkat Mac yang mendukung layanan recall dari kasus Flexgate ini adalah MacBook Pro (13-­inch, 2016, Four Thunderbolt 3 Ports) dan MacBook Pro (13-­inch, 2016, Two Thunderbolt 3 Ports).

Baca Juga: Semua Mac dengan Butterfly Keyboard Mendukung Keyboard Service Program

Untuk mendapatkan layanan perbaikan dari Apple, pengguna harus mencadangkan data di komputernyat terlebih dahulu dan silakan bawa ke Apple Authorized Service Provider atau Apple Store.

Program perbaikan ini berlaku secara internasional dan tidak berpengaruh terhadap garansi dari setiap perangkat yang digunakan.

Program ini melindungi setiap komputer Mac dalam versi yang tertulis di atas hingga 4 tahun sejak versi retail pertamanya dijual.

Bagi kamu yang belum tahu, iFixit sebelumnya telah membagikan catatan bahwa Flexgate terjadi karena kabel penghubung dari layar MacBook Pro ke mesin komputer dianggap terlalu pendek.

Kabel ini terus menerus mendapatkan tekanan saat layar dibuka dan ditutup dan karena terlalu pendek, membuatnya bisa sobek atau rusak.

Sehingga cahaya backlight di layar menjadi tidak normal, menampilkan lampu seperti sorotan lampu di panggung atau biasa diberi istilah Flexgate.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya