Follow Us

Pengguna MacBook Pro 2016 Terancam Masalah Kabel Layar 'Flexgate'

Bagus Hernawan - Rabu, 23 Januari 2019 | 09:01
Pengguna MacBook Pro 2016 Terancam Masalah Kabel Layar 'Flexgate'

Desain baru komputer MacBook Pro di tahun 2016, membawa banyak masalah di bagian perangkat keras.

Dalam berita yang pernah tim MakeMac bagikan, MBP terbaru banyak menyimpan masalah di keyboard yang mudah macet (2016 dan 2017), performa baterai dan “Thermal Throttling”.

Kali ini iFixit menemukan sebuah masalah baru yang berpusat di layar MacBook Pro dengan istilah yang diberi nama “Flexgate”.

Flexgate adalah masalah pada desain kabel penghubung layar MacBook Pro 2016 atau lebih baru yang menghubungkannya ke mesin komputer.

Desain kabel ini dianggap salah atau tidak kuat mengalami tekanan dan tarikan hingga jangka waktu tertentu.

Jika kabelnya sudah mulai bermasalah, tampilan cahaya ke layar monitor akan berubah seperti lampu sorot ke panggung, ada bagian yang lebih gelap dan terang.

The issue is fairly simple: the current generation of MacBook Pro laptops (2016–present) uses flexible ribbon cables to connect the display to a display controller board beneath the Touch Bar.

These cables wrap over the board, where they’re secured by a pair of spring-loaded covers—and they’re subjected to the stress of bending with every opening and closure of the laptop. Within a seemingly short time, those cables are starting to fatigue and tear.

Baca Juga: Apple Kirim Surel untuk Pengguna MacBook Pro 2017 Seputar “SSD Service Program”

iFixit juga menambahkan bahwa masalah ini baru terlihat setelah perangkat digunakan beberapa waktu, lebih dari setahun misalnya. Sehingga rata-rata terjadi saat perangkat MacBook Pro sudah tidak mendapatkan perlindungan garansi.

Dari temuan sumber berita, Apple membuat desain kabel ini menyatu dengan panel layar. Sehingga proses penggantiannya akan memakan biaya sangat mahal yaitu sekitar $600 jika tidak dalam perlindungan garansi.

Padahal di desain MacBook Pro sebelumnya, Apple menggunakan desain kabel penghubung yang dapat dilepas dan diganti dengan biaya yang sangat murah, sekitar $6 saja menurut iFixit.

Hingga berita ini dibagikan, belum ada pernyataan dari Apple untuk masalah “Flexgate”. Apakah Apple akan memberikan program perpanjangan garansi atau perbaikan gratis secara khusus bagi pengguna yang mengalami masalah tersebut? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest