Melihat Fasilitas Pengujian Keamanan Chip Apple di Kondisi Ekstrim

Selasa, 28 Mei 2019 | 11:05

Apple telah mengundang jurnalis The Independent untuk melihat sebuah fasilitas rahasianya yang tidak jauh dari Apple Park.

Di tempat tersebut, Apple melakukan pengujian untuk beragam chip yang akan digunakan pada produk mereka di masa depan.

Salah satu pengujian yang dilakukan dengan sangat detail adalah standar keamanan dari sebuah chip.

Bahkan Apple menguji beragam chip tersebut dalam rentan kondisi suhu yang sangat ekstrim, mulai dari –40 derajat Celcius hingga 110 derajat Celcius.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa chip Apple tidak bisa diretas dengan kondisi suhu apapun yang mungkin terjadi di lingkungan pengguna.

So the aim as the chips are being stress tested is to see if they misbehave in these kind of extreme scenarios – and, if they do, to ensure that happens in this lab rather than once they are inside the phones of users. Any kind of misbehaviour could be fatal to a device.

Baca Juga: Mengenal Arti Tulisan ‘Not Secure’ di Safari iOS 12.2

Sumber berita ini juga menyebutkan pihak-pihak mana saja yang mungkin melakukan beragam cara untuk membobol chip Apple.

Mulai dari pemerintah yang ingin membaca data pengguna, para peretas yang ingin mengambil data secara rahasia hingga pesaing Apple.

Craig Federighi, SVP of Software Engineering di Apple juga mengatakan bahwa Apple sangat menjunjung tinggi masalah privasi dan keamanan data pengguna.

Hal ini dilakukan oleh Apple bahkan sejak dari desain sebuah produk, chip Apple misalnya.

“I can tell you that privacy considerations are at the beginning of the process, not the end. When we talk about building the product, among the first questions that come out is: how are we going to manage this customer data?”

Baca Juga: Craig Frederighi: Face ID Tak Pernah Diniatkan Dukung Multi-Pengguna

Standar privasi yang dibuat oleh Apple sebetulnya sangat sederhana. Yaitu Apple tidak ingin tahu akan semua hal yang dilakukan oleh pengguna kecuali memang diperlukan.

Apple juga tidak punya misi untuk mengumpulkan data pengguna dan menjualnya kepada pihak pengiklan.

Bagi kamu yang belum tahu, chip Apple yang saat ini fokus pada bagian keamanan disebut dengan Secure Enclave.

Chip tersebut tersedia di perangkat iPhone sejak mengadopsi Touch ID di iPhone 5s dan sekarang juga mulai digunakan para perangkat komputer Mac.

Tag :

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya