Follow Us

Mengenal Arti Tulisan 'Not Secure' di Safari iOS 12.2

Bagus Hernawan - Rabu, 27 Maret 2019 | 13:30
Mengenal Arti Tulisan 'Not Secure' di Safari iOS 12.2

Update iOS 12.2 mengenalkan beragam fitur, perbaikan dan peningkatan keamanan untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch.

Salah satu detail di aplikasi Safari iOS 12.2 adalah tampilan peringatan saat kamu mengunjungi website yang tidak menggunakan fitur enkripsi.

Yaitu menggunakan tulisan ‘Not Secure’ di bagian kiri atas. Apa artinya tulisan ‘Not Secure’ di bagian tersebut?

Safari iOS 12.2. Warnings now appear when loading unencrypted webpages

Baca Juga: Cara Mengganti Search Engine di Safari untuk Perangkat iOS dan macOS

Secara sederhana, tampilan ‘Not Secure’ akan kamu temukan ketika mengakses sebuah website yang masih menggunakan standar HTTP.

Namun jika kamu mengakses website yang sudah menggunakan standar HTTPS alias lebih aman, tidak ada tulisan ‘Not Secure’.

Cara melihatnya adalah tekan di bagian URL bar dan geser hingga ke bagian paling kiri atau lewat tampilan ‘Not Secure’ tadi.

Standar HTTPS biasanya digunakan pada website dinamis yang memerlukan input dari pengguna, misalkan login akun atau mungkin lainnya.

Karena dengan standar HTTPS, berarti website tersebut sudah dijamin aman dengan protokol komunikasi yang dienkripsi menggunakan Transport Layer Security (TLS).

Contohnya website yang harus menggunakan HTTPS adalah website dengan kategori perbankan, layanan ecommerce, sosial media atau media digital dan perusahaan besar.

Sedangkan website dengan layanan yang masih HTTP, biasanya adalah website lama yang belum mengurus sertifikat HTTPS atau mungkin website statis yang tidak perlu standar keamanan tinggi.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular