Resmi, Pegatron Investasi $1 Miliar untuk Merakit Chip iPhone di Indonesia

Selasa, 28 Mei 2019 | 21:40

Pegatron Corporation, perusahaan manufaktur asal Taiwan akhirnya resmi menyatakan akan berinvestasi sebesar 10–15 triliun Rupiah ($695 juta hingga $1 miliar) di Indonesia.

Investasi ini dilakukan di Indonesia dalam bentuk pabrik untuk merakit chip iPhone yang dipesan oleh Apple.

Untuk masuk ke Indonesia, Pegatron menggandeng perusahaan elektronik PT Sat Nusapersada yang berada di Batam. Hal ini disampaikan Ignatius Warsito, Direktur Perwilayahan Industri dari Kementrian Industri kepada Reuters.

Secara lengkap, Ignatius Warsito menjelaskan bahwa peran Pegatron di Indonesia adalah memasang chip untuk produk iPhone di Indonesia.

Baca Juga: (Rumor) Produk Mac dan iPad Siap Diproduksi di Batam Mulai Juni 2019

Sedangkan komponen mentah yang diperlukan masih harus diimpor dari negara lain.

Kabarnya pabrik Pegatron di Indonesia juga akan digunakan untuk memproduksi komponen komputer Mac. Namun rencana ini masih menjadi proyeksi jangka panjang.

Sejak beberapa tahun ini Apple memang terlihat sangat giat untuk mencoba tidak tergantung dengan negara Tiongkok dalam hal kerjasama perakitan produknya.

Apalagi sejak isu perang dagang mulai memanas antara Tiongkok dan AS selama setahun ke belakang.

Sebut saja di India, kii Apple melalui Foxconn telah melakukan produksi beberapa tipe iPhone di dalam negara tersebut.

Kebijakan ini dilakukan karena pemerintah India memberikan pajak barang elektronik import yang sangat tinggi. Sehingga Apple harus melakukan perakitan iPhone di negara India.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya