Apple Kembali Raih Gelar 'The Most Valuable Brand' Versi Forbes

Senin, 29 Juli 2019 | 11:14

Apple Xinyi A13, Taipei, Taiwan

Forbes telah merilis ‘The Most Valuable Brands’ di dunia tahun 2019.

Posisi pertama, dihuni oleh perusahaan yang telah lama meraih gelar tersebut, Apple.

Dengan gelar ini, Apple menjadi brand dengan nilai terbaik di dunia selama 9 tahun terakhir versi Forbes.

Baca Juga: Dikalahkan Spotify, Apple Music Tak Lagi Memimpin Survey Brand Intimacy

Mengutip Forbes, Google berada di posisi kedua mengekor tepat di belakang Apple, dan Microsoft berada di posisi ketiga.

Sedangkan perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, Amazon, justru berada di posisi ke-empat menurut riset Forbes.

Ranking The World's Most Valuable Brands 2019 versi Forbes

Apple 9 tahun terakhir terus berada di puncak riset, dengan nilai brand tahun 2019 ini mencapai $205,5 miliar atau naik sekitar 12 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Namun, perlu dicatat, Apple meraih gelar tersebut karena brand atau merk, bukan nilai perusahaannya.

Sebab bila melihat perusahaan dengan nilai tertinggi, menurut CNN, jatuh kepada Amazon, mengalahkan Apple pada 2019 ini.

Apple masih menjadi perusahaan dengan nilai tertinggi pada 2018 silam.

Tetapi, apa yang membuat brand Apple menjadi begitu berharga?

Mengutip Inc, bukan iPhone, iPad, ataupun Apple Watch yang membuat brand Apple begitu berharga, tetapi fans Apple.

Fans Apple memang kerap dinilai sebagai kelompok yang setia, sebab selalu ada cerita di balik kesetiaan.

Baca Juga: 5 Fitur Paling Dinantikan Apple Fanboy di iOS 13

Sebab, banyak pula kelompok yang membenci Apple.

Seperti dilansir dari Forbes, perasaan puas dan positif dari konsumen Apple adalah faktor utama mengapa brand Apple memiliki nilai sangat tinggi.

Mengutip Inc, nilai brand ditunjukkan melalui interaksi konsumen dengan produk, software, hingga pengalaman berbelanja.

Apple mampu memenuhi nilai-nilai tersebut dengan baik, seperti saat menyambut dan menanggapi konsumen di Apple Store, menghadapi pengguna yang complain untuk servis, hingga saat melakukan unboxing produk di hadapan konsumen.

Perlakuan-perlakuan sederhana ini yang mampu menggaet loyalitas konsumen.

9to5mac.com

Tim Cook memegang tongkat estafet untuk memuaskan konsumen

Tetapi, kenapa baru 9 tahun terakhir? Kenapa tidak sedari awal Apple berdiri memiliki nilai brand terbaik?

Mengutip Forbes, Steve Jobs adalah jawabannya.Seperti dilansir dari Inc, Steve Jobs adalah sosok yang membangun kembali Apple sejak 1997 dan mencetuskan tentang memuaskan pengguna.

Bahkan, nilai tersebut masih dipegang teguh oleh penerusnya, Tim Cook.

Berkat itulah, Apple hingga kini masih memiliki “The Most Valuable Brands in The World”.

Tag

Editor : Bagus Hernawan