Pengguna iOS Keluhkan Masalah Gagal Download iOS 13.1 dan iPadOS

Rabu, 25 September 2019 | 12:43

iPadOS dan iOS 13

Update iOS 13.1 dan iPadOS sudah dibagikan oleh Apple mulai hari ini.

Pengguna perangkat iPhone dan iPad pastinya sudah tidak sabar untuk segera mengunduh sistem operasi baru dan update tersebut.

Namun sejak tengah malam waktu Indonesia, tim MakeMac menemukan sejumlah pengguna yang mengalami kendala update iOS 13.1 atau iPadOS.

Kendala yang dialami juga beragam, mulai tampilan informasi mengenai pengecekan update yang gagal, proses waktu tunggu untuk download iOS 13.1 yang sangat lama (lebih dari 10 jam), serta ada yang tidak menemukan update ini di Software Update.

Memperbaiki Masalah Update IOS 13.1 dan iPadOS

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah update iOS 13.1 atau iPadOS yang terlalu lama atau bermasalah.

Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Jika tampilan OTA Updates tidak berubah dari bagian ‘Estimating Time Remaining’, kemungkinan server Apple sedang sangat sibuk dan belum bisa melayani kamu untuk mengunduh update iOS terbaru. Silakan tunggu beberapa saat dan pastikan baterai iPhone di atas 50% atau dalam mode charging serta terhubung ke internet lewat Wi-Fi.
  • Jika tampilan OTA Updates tetap menampilkan ‘Update Requested’, silakan tunggu di halaman tersebut hingga beralih ke kalkulasi durasi pengunduhan yang akan kamu perlukan.
  • Jika tampilan durasi waktu pengunduhan sangat lama (10 jam, 12 jam, 1 hari atau lebih), coba cek koneksi internet yang kamu gunakan. Sebaiknya gunakan internet dengan kecepatan 10Mbps atau lebih untuk menjamin proses update iOS 13.1 dengan lancar.
Baca Juga: Tutorial Update iOS 13 untuk Pengguna Pemula

Sebagai tambahan, beberapa Sahabat MakeMac ada yang mengalami kendala update iOS 13.1 dengan estimasi waktu unduh sangat lama.

Kabarnya masalah ini bisa dibereskan setelah instal aplikasi VPN atau openDNS di perangkat iOS. Contohnya adalah Cloudflare 1.1.1.1 yang tersedia gratis di App Store.

Bagi kamu yang masih mengalami kendala update iOS 13.1 atau ipadOS, terutama dengan OTA Updates, silakan coba opsi update dengan cara lain ya.

Yaitu lewat Update via iTunes atau Restore via iTunes. Panduan lengkapnya silakan cek di artikel MakeMac berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya