Sejak Natal Hingga Tahun Baru, App Store Raup Rp 19,3 Triliun

Kamis, 09 Januari 2020 | 12:44
techcrunch.com

App Store sumbang pemasukan cukup besar selama Natal 2019 hingga Tahun Baru 2020

Selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Apple memang hadirkan berbagai diskon baik untuk aplikasi, layanan, hingga produknya.

Strategi tersebut menargetkan konsumen yang mencari hadiah dan menghabiskan liburan dengan produk Apple.

Strategi tersebut terbukti jitu, sebab Apple mampu meraup keuntungan besar dari penjualan di App Store.

Baca Juga: Pendapatan Apple dari Services Tembus Rekor Baru di Tahun 2019

Sejak malam Natal 2019 hingga Tahun Baru 2020, tercatat Apple sukses raup pendapatan sebesar $1,42 miliar (Rp 19,5 Triliun).

Artinya, dalam sepekan tersebut, Apple memperoleh $386 juta atau Rp 5,2 Triliun per hari.

Dalam catatan per pekan, jumlah tersebut meningkat 16 persen bila dibandingkan 2018 silam

Sementara jika dibandingkan per hari, pendapatan Apple meningkat 20 persen dibandingkan rata-rata perolehan pada 2019.

Pendapatan tersebut sebagian besar diperoleh dari Aplikasi dan Games yang diunduh dari App Store.

Facetune, HotSchedules, Dark Sky Weather, memimpin aplikasi berbayar di iPhone yang paling banyak diunduh di App Store.

Sementara untuk kategori Game, Minecraft, Hedas Up!, dan Plague Inc. menjadi 3 game yang menjadi penyumbang pendapatan terbanyak untuk App Store.

Baca Juga: App Store Raih Keuntungan Besar Selama Diskon Natal 2019

Aplikasi gratis terbanyak diunduh selama libur Natal dan Tahun Baru adalah YouTube, Instagram, dan Snapchat.

Mario Kart Tour, Color Bump 3D, dan aquapark.io menjadi 3 game gratis yang paling banyak diunduh untuk iPhone.

Capaian luar biasa App Store ini sejalan dengan perkembangan layanan Apple yang terus meningkat.

Tercatat, Apple Music, Apple News+, hingga Apple TV+ sukses meraup keuntungan cukup besar dan bahkan menjadi sumber pemasukan bagi Apple.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya