HomePod Semakin Tertinggal di Pasar Smart Speaker Dunia

Selasa, 11 Februari 2020 | 16:59
9to5mac.com

HomePod dengan bantuan Siri

Smart speaker saat ini sudah jadi salah satu produk gadget yang cukup diminati.

Speaker jenis ini mendapatkan predikat "smart" karena bisa terintegrasi dengan banyak perangkat elektronik sekaligus.

Bahkan ada juga yang bisa menerima perintah suara dari si pengguna.

Teknologi yang semakin canggih jelas membuat produk smart speaker makin diminati.

Berdasarkan pantauan eMarketer, produk smart speaker yang paling populer adalah milik Amazon.

Data dari eMarketer menunjukkan pangsa pasar produk Amazon, seperti Amazon Echo, meningkat ke angka 72,9 persen pada tahun 2019, naik 2 persen dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Review HomePod, Smart Speaker Apple dengan Suara Berkualitas

eMarketer

Pangsa pasar produk smart speaker dari tahun ke tahun

Menariknya, pangsa pasar Amazon ternyata unggul sangat jauh kalau dibandingkan dengan merek lain.

Di bawahnya ada Google dengan 31,1 persen dan merek lain dengan hanya 17,9 persen.

Meskipun jumlah sangat jauh tertinggal dari Amazon, tapi merek lain ini berhasil terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Dalam data ini produk HomePod milik Apple tentunya termasuk ke dalam kategori lain-lain bersama dengan beberapa merek lain seperti Harmon Kardon Invoke dan Sonos One.

Saat dirilis tahun 2018 lalu, HomePod sebenarnya membawa harapan besar untuk bisa jadi salah satu pemain penting di pasar smart speaker.

Dukungan teknologi khas Apple, integrasi yang luas, dan tentunya nama besar Apple diharapkan bisa jadi nilai jual.

Baca Juga: Produk HomePod Segera Dijual di Jepang Mulai Musim Panas

Sayangnya menginjak tahun keduanya HomePod masih belum bisa berbicara banyak.

Pada awal perilisannya tahun 2018 lalu, HomePod hanya dijual di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

Namun setelah 2 tahun berjalan, HomePod masih juga dijual dalam jumlah negara yang terbatas.

Sebut saja negara yang mendukung Apple Store paling dekat di Indonesia yaitu Singapura dan Thailand, hingga kini belum juga menjual HomePod.

Upaya lebih juga sudah dilakukan Apple. Salah satunya adalah menurunkan harga HomePod dari $349 menjadi $299 pada 2019 lalu.

Baca Juga: HomePod Ultah Kedua, Tidak Sukses dan Segera Digantikan Generasi Baru

Di setiap pemaparan laporan keuangannya, Apple juga tidak pernah menyebut secara spesifik berapa jumlah produk HomePod yang terjual.

Produk ini masuk ke Wearables, Home, and Accessories, dan dalam kategori tersebut Apple selalu menggaris bawahi pendapatan dari AirPods dan Apple Watch.

Bisa jadi Apple memang tidak percaya diri dengan capaian produk yang satu ini.

Sejumlah rumor mengatakan bahwa HomePod Akan mendapatkan generasi penerus dalam waktu dekat alias di tahun 2020.

Perangkat penerus HomePod akan fokus pada harga yang lebih murah, Tweeter yang lebih sedikit (dari 7 buah menjadi 2 saja) serta beberapa lainnya.(*)

Baca Juga: Apple Umumkan Segera Jual Speaker HomePod di India

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya