Kumpulan Video Review iPhone SE 2020: Bahas Kamera Hingga Baterai

Kamis, 23 April 2020 | 10:41
MKBHD

iPhone SE 2020

Produk iPhone SE 2020 resmi dikenalkan minggu lalu sebagai iPhone paling murah namun sangat bertenaga berkat CPU A13 Bionic.

Sejak semalam, sejumlah pengguna dan media terpilih oleh Apple telah membagikan review dalam bentuk video untuk perangkat iPhone SE 2020 yang mereka dapatkan.

Sedangkan untuk para pengguna yang melakukan pemesanan iPhone SE 2020, akan segera mendapatkan produk ini mulai 24 April 2020.

Dari pantauan MakeMac, sudah ada belasan video hands-on dan review iPhone SE 2020 yang dapt kamu temukan di YouTube.

Mulai dari MKBHD, iJustine, GadgetMatch, Jonathan Morrison, CNET, Engadget, Emkwan Review, WSJ, Rene Ritchie dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa videonya:

Sebagai rangkuman, perangkat iPhone SE mendapatkan predikat sangat direkomendasikan jika kamu sedang mencari iPhone dengan budget yang jauh di bawah perangkat iPhone 11.

Ukuran yang kompak, spek hardware yang bertenaga dan harga terjangkau menjadi beberapa hal yang bisa membuat produk ini laku keras di pasaran.

iPhone SE hadir dengna CPU A13 Bionic, teknologi yang sama dengan iPhone 11 series.

Baca Juga: iPhone SE 2020 Rilis, 3D Touch Resmi Dipensiunkan oleh Apple

Bedanya adalah bodinya masih menggunakan layar LCD 4,7 inci seperti iPhone 8 dan kamera belakang tunggal dengan resolusi 12MP.

Kamera belakang ini sudah mendukung Portrait dan Depth Control, begitu pula dengan kamera depan.

Dari semua pengguna yang telah mencoba iPhone SE, hasil jepretan yang dari iPhone seharga $399 ini terkadang tidak bisa dibedakan dengan jepretan iPhone 11. Apalagi ketika memotret di siang hari dengan cahaya yang cukup.

Namun ketika memotret dalam kondisi low light, iPhone SE jelas kalah karena tidak dibekali dengan Night Mode.

Kemudian untuk Portrait Mode di kamera belakang, iPhone SE 2020 masih sedikit kalah dibandingkan iPhone 11 untuk urusan detail gambar yang dihasilkan.

Satu lagi yang menjadi fitur yang absen dari kamera belakang iPhone SE 2020 adalah Portrait Mode yang tidak mendukung objek benda atau hewan. Ya, sama seperti di perangkat iPhone XR.

Baca Juga: Semua iPhone SE 2020 Tidak Tersedia Dalam Versi Dual Nano SIM

Berpindah ke kamera depan, iJustine mencatat bahwa hasil video dan foto dari kamera depan iPhone SE sudah sangat memuaskan.

Namun sayangnya ada beberapa spek yang tidak dibawa Apple ke kamera depan iPhone SE yaitu Slofies atau mode rekam video slo-mo hingga 120FPS.

Bagian paling unik dari kamera depan di iPhone SE 2020 adalah mendukung Portrait Mode dan Depth Control, padahal perangkat ini tidak memiliki sensor Face ID.

Menurut informasi dari Apple, teknologi tersebut bisa disematkan ke iPhone SE berkat pemrosesan dari CPU A13 Bionic yang sangat bertenaga.

Bagaimana dengan baterainya? Meskipun iPhone SE disebut punya baterai setara dengan iPhone 8, kenyataan berkata lain menurut review dari CNET.

iPhone SE 2020 mampu bertahan lebih lama beberapa jam ketika digunakan menonton video. Bahkan dalam penggunaan sehari-hari, CNET mencatat iPhone SE bisa bertahan hingga 1,5 hari atau bahkan 2 hari dalam sekali pengisian baterai.

Baca Juga: iPhone SE 2020 Gunakan Spek 3GB RAM dan Baterai Identik iPhone 8

Siapa sih yang cocok menggunakan iPhone SE 2020?

Pertama, calon pengguna yang ingin berpindah dari perangkat Android ke iPhone dan memiliki budget terbatas.

Kedua, pengguna yang ingin mendapatkan iPhone dengan dukungan iOS hingga 4 atau bahkan 5 tahun ke depan dan tidak memelukan beragam teknologi baru yang kekinian (Face ID atau mungkin Slofies).

Punya rekomendasi mengenai jenis pengguna yang cocok untuk membeli iPhone SE 2020? Bagikan di kolom komentar ya.

iPhone SE 2020 dijual dengan 3 pilihan storage yaitu 64GB, 128GB dan 256GB. Harganya yang digunakan adalah $399, $459 dan $549.

Dengan perbedaan harga $50 saja dari 64GB ke 128GB, saya sangat merekomendasikan kamu untuk minimal membeli iPhone SE dengan storage 128GB.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya