Facebook resmi mengumumkan peluncuran platform e-commerce pertamanya bernama "Facebook Shop" pada Rabu (20/5).
Melalui situs resminya, Facebook menungkapkan hal yang melatarbelakangi pembuatan Facebook Shop.
Situasi pandemi sangat berdampak ke berbagai macam usaha kecil dan menengah.
Mau tidak mau, para pemilik usaha kecil dan menengah harus beralih ke platform online agar tetap bisa menjalankan bisnisnya.
Baca Juga: Facebook Akuisisi GIPHY, Web Katalog GIF dengan Nilai $400 Juta
Untuk itu, Facebook menghadirkan Facebook Shop yang memiliki kemudahan akses bagi siapa pun.
Our goal is to make shopping seamless and empower anyone from a small business owner to a global brand to use our apps to connect with customers.Facebook Shop dapat ditemukan melalui laman business yang terdapat di Facebook.
Dari sana, pengguna dapat mencari berbagai macam produk yang ditawarkan.
Hanya dengan melakukan scroll pada layar gadget, pengguna tetap bisa berbelanja tanpa harus ke luar rumah.
Baca Juga: Instagram Rilis Guides dan Hapus Komentar Bersamaan di Indonesia
Facebook Shop memiliki fitur yang terintegrasi dengan WhatsApp, Messenger, dan Instrgram Direct Message.
Sehingga pengguna bisa bertanya-tanya seputar produk yang ingin dibeli kepada penjual melalui platform tersebut.
Ke depannya, Facebook berencana untuk menambahkan lebih banyak fitur di dalam Facebook Shop.
Baca Juga: WhatsApp Beta Mulai Uji Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Kapan Rilis?
Seperti misalnya keinginan untuk menghubungkan Facebook Shop dengan Instagram Shop demi menjangkau audience yang lebih luas.
Kemudian, Facebook juga ingin menghadirkan fitur live shopping di Facebook Shop.
Belum diketahui kapan fitur-fitur tersebut akan hadir, namun, yang pasti saat ini pengguna sudah bisa mengakses platform e-commerce, Facebook Shop. (*)
Baca Juga: Update Instagram for iOS Rilis Fitur untuk Cegah Online Bullying