Apple Berkomitmen Bebas Limbah Karbon Mulai 2030, Ini Persiapannya

Selasa, 21 Juli 2020 | 19:53

Apple telah mengumumkan catatan baru yang berhubungan dengan rencana mereka untuk lebih ramah lingkungan.

Yaitu rencana Apple untuk bebas dari limbah karbon secara total. Mulai dari bagian bisnis, rantai pasokan manufaktur dan produk baru yang dibuat pada tahun 2030.

Dikutip dari Apple Newsroom, saat ini Apple sudah bebas dari limbah karbon untuk kantor korporasi globalnya.

Tim Cook selaku CEO Apple menjelaskan bahwa dunia bisnis menjadi peluang besar untik membantu masa depan dunia yang lebih baik, terutama bagi mereka yang peduli.

“Businesses have a profound opportunity to help build a more sustainable future, one born of our common concern for the planet we share,”

“The innovations powering our environmental journey are not only good for the planet — they’ve helped us make our products more energy efficient and bring new sources of clean energy online around the world. Climate action can be the foundation for a new era of innovative potential, job creation, and durable economic growth. With our commitment to carbon neutrality, we hope to be a ripple in the pond that creates a much larger change.”

Baca Juga: Apple Store Baru Dibuka di Texas, Punya Desain Unik & Ramah Lingkungan

Selain catatan di Apple Newsroom, Apple juga telah membagikan laporan 2020 Environmental Progress Report yaitu laporan kemajuan lingkungan yang berhubungan dengan rencana 10 tahun mendatang.

Dalam laporan itu dibagikan catatan yang dapat dijadikan pedoman oleh perusahaan lain jika ingin menciptakan produk lebih ramah lingkungna dan bebas limbah karbon.

Di catatan tersebut, Apple merinci langkah yang akan dilakukan untuk mengurangi emisi hingga 75 persen pada tahun 2030, sambil mengembangkan solusi penghapusan karbon untuk 25 persen sisanya.

Untuk mendukung upaya tersebut, Apple membangun Impact Accelerator yang akan fokus pada investasi di bisnis milik minoritas yang mendorong hasil positif dalam rantai pasokannya dan di masyarakat yang secara tidak proporsional dipengaruhi oleh bahaya lingkungan.

Baca Juga: Lisa Jackson Bahas Upaya Penerapan Teknologi Terbarukan di Apple

Akselerator ini adalah bagian dari program Racial Equity and Justice Initiative yang diumumkan Apple beberapa waktu lalu senilai $100 juta.

Program ini berfokus untuk memberikan tambahan pendidikan, kesetaraan ekonomi, dan reformasi peradilan pidana.

Berikut ini penjelasan Apple untuk roadmap 10 tahun ke depan dalam rangka bebas limbah karbon di tahun 2030:

  1. Menciptakan produk rendah emisi karbon.
  2. Memperluas efisiensi energi.
  3. Penggunaan energi terbarukan.
  4. Inovasi proses dan material.
  5. Menghapus karbon.
Setiap langkah tersebut punya detail catatan yang diperinci lagi. Info lengkapnya dapat kamu simak di laman berikut ini.

bagaimana pendapat kamu mengenai langkah Apple untuk menjadi perusahaan yang bebas limbah karbon pada tahun 2030? Bagikan di kolom komentar ya.

Editor : Bagus Hernawan