Mac dengan Apple M1 Bisa Gunakan 6 Monitor Eksternal Bersamaan

Kamis, 26 November 2020 | 13:36
Apple Newsroom

Mac Mini dengan CPU M1

Komputer Mac dengan Apple M1 masih terus mendapatkan pengujian dan review dari para penggunanya.

Salah satu yang terbaru adalah seputar menghubungkan Mac M1 ke monitor eksternal.

Akun YouTube Ruslan Tulupov menjelaskan bahwa Mac Mini M1 bisa terhubung hingga 6 monitor eksternal. Sedangkan MacBook Pro dan MacBook Air M1 hanya dapat terhubung ke 5 monitor.

Padahal menurut penjelasan Apple, Mac Mini M1 hanya dapat terhubung ke 2 monitor dengan resolusi maksimal 6K 60Hz di Thunderbolt dan 4K 60Hz di HDMI.

Sedangkan di MacBook Pro dan MacBook Air, menurut penjelasan Apple hanya bisa terhubung ke sebuah layar eksternal dengan resolusi 6K 60hz.

Dalam percobaan yang dilakukan Ruslan Tulupov, dia menghubungkan beragam monitor mulai dari resolusi 4K hingga 1080p ke sejumlah Mac terbaru ini.

Baca Juga: Apple M1 Bisa Jalankan Aplikasi iOS Secara Native, Ini Caranya

Ada beberapa aksesoris berupa kabel dan adapter yang dia gunakan untuk mencapai kombinasi maksimal ini. Beberapa diantaranya adalah DisplayPort dengan aplikasi DisplayLink dan beberapa lainnya.

Dalam stress test yang dia lakukan, komputer Mac dengan M1 bisa beroperasi secara lancar ketika terhubung ke banyak monitor sembari memutar video dengan resolusi maksimal atau edit video menggunakan Final Cut Pro.

Ruslan Tulupov hanya menemukan sedikit masalah komputer menjadi lambat atau frame drop. Namun semua komputer Mac tersebut tidak mengalami kendala sama sekali seperti koneksi terputus, kipas menyala sangat kencang atau error ketika layar utama dibuka atau tutup.

Editor : Bagus Hernawan