Follow Us

Apple M1 Bisa Jalankan Aplikasi iOS Secara Native, Ini Caranya

Bagus Hernawan - Kamis, 19 November 2020 | 14:41
MacBook Pro dengan Apple M1
Apple

MacBook Pro dengan Apple M1

Apple telah mengenalkan Apple M1 sebagai chip pengganti CPU Intel di komputer Mac.

Salah satu fitur yang dikenalkan dengan kehadiran Apple M1 adalah bisa menjalankan beragam aplikasi dari iOS secara native atau langsung

Hal ini bisa dilakukan karena arsitektur CPU yang didesain oleh Apple baik di Mac dan iOS.

Para pengguna komputer Mac seperti MacBook Pro, MacBook Air dan Mac Mini dengan Apple M1 bisa langsung mengunduh aplikasi iOS dari Mac App Store dan gunakan untuk beragam keperluan.

Namun karena metode input di komputer Mac menggunakan mouse dan keyboard sedangkan di iOS cenderung ke layar sentuh, mungkin ada beberapa aplikasi yang belum dapat digunakan secara optimal.

Ada 2 cara yang dapat digunakan oleh pengguna Apple M1 untuk dapat menjalankan aplikasi iOS secara native. Berikut ini daftar penjelasannya:

Download dari Mac App Store.

Di komputer Mac yang menggunakan Apple M1, silakan masuk ke Mac App Store. Pastikan kamu sudah login dengan Apple ID yang biasa digunakan pada perangkat iPhone atau iPad.

Lakukan pencarian untuk nama aplikasi yang ingin kamu unduh. Tekan tab iPhone & iPad Apps di bagian jendela informasi utama. Setelah selesai download silakan langsung buka dengan menekan tombol Open.

Penjelasan lengkapnya dapat kamu cek di video YouTube dari akun Andrew Tsai berikut ini yang mencoba LumaFusion for iOS di Mac:

Baca Juga: Aplikasi Windows Bisa Berjalan di Mac Apple M1 dengan CrossOver 20

Download .ipa dengan iMazing

Selain lewat Mac App Store, pengguna Mac Apple M1 juga bisa mengunduh dokumen installer aplikasi dengan format .ipa yang mungkin sudah kamu kenal.

Editor : Bagus Hernawan

Latest