Mac mini M1 Rilis, Apple Memimpin Pangsa Pasar Komputer di Jepang

Selasa, 01 Desember 2020 | 10:30
Apple

Mac Mini Apple M1

Komputer Mac mini dengan Apple M1 telah dirilis selama 2 pekan ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, chip teknologi baru dan ukuran yang kompak tapi sangat powerfull, adalah beberapa hal istimewa dari Mac mini terbaru.

Menurut data dari BCNOR, Apple telah memimpinpangsa pasar semua merek komputerdi Jepang sejak 2 minggu terakhir, tepatnya sejak Mac mini M1 rilis.

Dengan kehadiran Apple M1, Apple kini menguasai market share komputer di Jepang dengan angka 27,1% yaitu meningkat 14% dibandingkan pekan sebelumnya.

Catatan dari Apple Insider juga menjelaskan bahwa d awal November, Apple hanya mendapatkan market share sebesar 15% dan bersaing dengan Lenovo di peringkat ketiga.

Namun di awal minggu ketigabulan yang sama, Apple berhasil melompat ke urutan pertama berkat penjualan Mac mini yang sangat tinggi.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Dijelaskan Apple Seputar Teknologi Apple M1

Apple M1 adalah chip baru buatan Apple yang akan menggantikan CPU Intel di komputer Mac.

Saat ini ada 3 tipe komputer Mac yang sudah menggunakan Apple M1 yaitu Mac mini, MacBook Air dan MacBook pro.

Apple M1 didesain langsung oleh Apple dan menggunakan System on Chip. Dengan penggunaan teknologi memori terpadu, Apple M1 punya performa jauh di atas rata-rata komputer Mac dengan CPU Intel saat ini dan daya baterai yang lebih hemat untuk tipe laptop.

Setelah mengenalkan Apple M1, proses transisi dari Intel ke Apple Silicon akan berjalan selama 2 tahun. Setelah waktu tersebut, Apple akan membuat semua komputer Mac menggunakan chip desainnya sendiri.

Editor : Bagus Hernawan