Tahun 2020 ini tercatat sebagai rekor baru untuk total pembelanjaan di App Store paling tinggi sepanjang Sejarah.
Dari data yang dibagikan lembaga analisis Sensor Tower, tercatat bahwa total belanja pengguna App Store di dunia telah menembus angka $100 miliar di sepanjang tahun 2020.
Bahkan khusus untuk periode libur Natal, para pengguna App Store dan Google Play membeli aplikasi dan games dengan total belanjaan sebesar $407,6 juta! Angka ini merupakan peningkatan sebesar 34,5% dibangingkan data tahun lalu di waktu libur Natal.
2020 has been a record-setting year for worldwide spending on mobile apps and games, which passed $100 billion in a single year for the first time ever in November. This trend continued on Christmas, when consumers around the globe spent an estimated $407.6 million across Apple’s App Store and Google PlayBaca Juga: Apple Umumkan Daftar Aplikasi dan Games Terbaik di Tahun 2020
Masih dari catatan laman sumber, pengeluaran seluler pada hari Natal mencakup 4,5 persen dari total pengeluaran bulan di Desember. Angkanya mencapai sekitar $9 miliar secara global dari 1 Desember hingga 27 Desember.
Mayoritas pengeluaran di waktu liburan ini adalah belanja game mobile dengan kenaikan 27 persen dari $ 232,4 juta pada Natal 2019 menjadi $ 295.6 juta tahun ini.
Game Honor of Kings dari Tencent menjadi yang paling tinggi di kategori pengeluaran konsumen sekitar $ 10,7 juta, naik 205,7 persen dari tahun sebelumnya yaitu dari $ 3,5 juta.
Tercatat juga bahwa pelanggan telah menghabiskan $112 juta untuk aplikasi di luar game pada Natal. Angka ini meningkat 59 persen dari $ 70,5 juta di tahun sebelumnya.
Kategori di luar Games yang mendapatkan penghasilan terbesar di App Store dan Google Play adalah Entertainment.
Di App Store, kategori Entertainment atau Hiburan mencapai $19,3 juta atau 21,8% dari semua pengeluaran di luar games.
Di Google Play, angkanya adalah $4,3 juta atau 18,5% dari semua pendapatan yang dihasilkan.
Di luar games, aplikasi TikTok tercatat telah mengumpulkan pendapatan sebesar $4.7 juta secara global di hari Natal.
Baca Juga: Daftar Aplikasi Pilihan dari Lulusan Apple Developer Academy 2020
Sensor Tower juga membagikan catatan khusus untuk data belanjan pelanggan perangkat mobile di Amerika Serikat.
Tercatat bahwa pengguna gadget di Amerika Serikat telah melakukan pembelanjaan dengan total $130 juta sepanjang Natal 2020.
Angka ini terbagi menjadi Games sebesar $87,2 juta dan aplikasi non Games sebesar $42,7 juta. Angka ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya dengan besaran hingga 38,7%.
Game yang menjadi urutan paling atas di pelanggan AS adalah Roblox, mencatat pendapatan $6,6 juta. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 40,4% dari data di tahun 2019.
Sedangkan untuk aplikasi, Disney+ menjadi posisi puncak dengan pendaptan di musim Natal sebesar $2,6 juta. Angka ini meningkat sebesar 44,4% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu dari $1,8 juta.