Canggih! Penelitian Ungkap Apple Watch Mampu Prediksi Gejala Corona

Sabtu, 13 Februari 2021 | 16:07
Apple

Bob March dan Apple Watch

Hasilpenelitiandari lembaga penelitian Mount Sinai mengungkapkan bahwa Apple Watch dapat secara efektif memprediksi gejala positif dari Corona Virus Diseases 19 (COVID-19) hingga seminggu sebelum swab tes PCR.

Hasilpenelitiantersebut telah terbit di Journal of Medical Internet Research, yang bisa kita akses melaluijmir.org.

Penelitian tentang efektifitas Apple Watch dalam melakukan prediksi gejala Corona ini dipimpin oleh Robert Hirten MD dan Zahi Fayad P.hD dengan tajuk Warrior Watch Study.

Baca Juga: Cerita Apple Watch Hadiah Anniversary Selamatkan Nyawa Pengguna

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak kondisi pandemi Covid 19 pada kesehatan psikologis petugas kesehatan.

Mount Sinai juga berharap untukmampu mengidentifikasi infeksi Covid-19 di institusinya sebelum gejala-gejala Covid-19 muncul pada seseorang.

Baca Juga: Apple dan Johnson & Johnson Riset Mendeteksi Stroke dengan Apple Watch

Dalam penelitian ini, Mount Sinai menggunakan aplikasi terintegrasi di Apple Watch dan iPhone untuk mengumpulkan data kesehatan dari partisipan penelitian.

Selain itu, partisipan penelitian juga juga diminta untuk mengisi survei harian untuk memberi feedback langsung tentang potensi gejala Covid-19 dan beberapa faktor lainnya, termasuk tingkat stres.

Partisipan dalam Warrior Watch Study merupakan karyawan Mount Sinai yang berumur lebih dari 18 tahun dan memiliki perangkat iPhone.

Partisipan juga diwajibkan untuk menggunakan Apple Watch miliki pribadi ataupun milik lembaga penelitian.

Baca Juga: Apple Luncurkan Riset Gunakan AirPods Pro Sebagai Alat Bantu Dengar

Semoga penemuan-penemuan baru di bidang teknologi kesehatan seperti ini terus berkembang agar tingkat kesehatan masyarakat juga turut meningkat.

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya