Sepakat Dengan Kakao, Spotify Bakal Munculkan Lagu Korea Lagi!

Jumat, 12 Maret 2021 | 16:28

Spotify

Perusahaan layanan streaming musik asal Swedia, Spotify dikabarkan telah mencapai kesepakatan kerja dengan Kakao Entertainment Corp.

Kakao Entertainment Corp sendiri merupakanlabel musik asal Korea Selatan yang memiliki sebagian besar lisensi lagu-lagu bergenre K-Pop.

Tercapainya kesepakatan ini merupakan akhir dari konflik yang sempat terjadi beberapa waktu yang lalu antara dua platformmusik tersebut.

Baca Juga: Hapus Sebagian Besar Lagu Korea, Spotify Ditinggal Banyak Penggunanya!

Sebelumnya,konflik ini diawali olehkeinginan Spotify untuk memperbarui perjanjian kerjasama dengan Kakao.

Namun karena satu dan lain hal, kesepakatan urung terjadi dan Spotify memutuskan untuk menghapus sebagian besar lagu koreadi katalog musiknya.

Karena hal ini,banyakpenggemar K-popmenyerukan kepada orang-orang untuk berhenti menggunaka Spotify dan berganti menggunakan layanan streaming musik lain seperti Apple Music, YouTube Music, Joox, dan lain sebagainya.

Kini, konflik telah mereda seiring dengan terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak tersebut.

Lalu, apa isi perjanjian antara Spotify dan Kakao?

Baca Juga: Spotify Bakal Rilis Fitur Baru, Filter Lagu Favorit Berdasarkan Genre

Poin utama dari perjanjian kedua belah pihak adalahSpotify akan kembali memiliki sebagian penuh lisensi lagu Korea yang dimilikiKakao.

Selain itu, pengguna Spotify di Korea Selatan kini bisa menggunakan lagi platform tersebut setelah sebelumnya Spotify sempat menarik peredaran dari Korea Selatan.

Senada dengan Spotify, Kakao jugaberkomitmen untukmenyediakan konten musiknya di Spotify untuk layanan di dalam dan luar Korea.

Sementara itu, kesepakatan iniberlaku untuk semua layanan Spotify di berbagai macam sistem operasi (OS) seperti iOS, Android maupun Spotify for PC.

Jadi, itulah informasi menarik terkaitkesepakatan kerjasama antara Spotify danKakao Entertainment.

Dengan terjadinya kesepakatan perjanjian kerjasama ini, Spotify danKakao Entertainment berharap agar pecinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengaksesdan mendengarkan konten musik K-Pop. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : Variety

Baca Lainnya