Ming-Chi Kuo: Produksi AirPods 3 Mulai Q3 2021, AirPods 2 Dihentikan?

Selasa, 16 Maret 2021 | 19:02

AirPods Pro

Analis Ming-Chi Kuo membagikan catatan terbaru seputar produk AirPods yang kabarnya akan rilis ditahun 2021.

Menurut Kuo, Apple akan mulai memproduksi AirPods generasi ketiga secara massal di Q3 tahun 2021.

Sebelumnya Kuo telah memprediksi bahwa produk earphone nirkabel ini akan mulai diprodulsi pada Q1 2021 namun rumor terbaru mengatakan bahwa produksinya akan mundur.

Kini jika rumor produksi AirPods 3 di Q3 2021 meleset, maka produk ini tidak dapat dijual Apple bahkan hingga akhir tahun nanti.

Dari catatan yang dibagikan MacRumors, Ming-Chi Kuo juga memprediksi bahwa penjualan AirPods di Q1 hingga Q3 akan mengalami penurunan.

Baca Juga: Apple Bagikan Iklan Terbaru untuk AirPods Pro Berjudul 'Jump'

Penurunan yang akan terjadi bisa di kisaran 25% atau sekitar 55 juta unit.

Penjualan AirPods akan kembali naik di Q4 2021 dengan harapan produk AirPods 3 resmi meluncur pada pertengahan tahun atau menjelang libur akhir tahun.

Kuo juga mengatakan bahwa AirPods Max selama ini bisa sedikit membantu angka penjualan produk aksesoris AirPods dari Apple dengan kisaran 1 juta unit.

Nasib AirPods 2

Lalu bagaimana dengan produk AirPods generasi kedua? Masih belum ada prediksi apakah produk tersebut akan berhenti diproduksi setelah Apple merilis AirPods generasi ketiga.

Jika AIirPods 2 dijual dengan harga lebih murah setelah AirPods 3 rilis, itu bisa mempengaruhi penjualan produk baru.

Namun jika tidak ada AirPods untuk pangsa pasar harga murah, ini bisa menjadi efek negatif untuk Apple atau digunakan oleh produsen pesaing.

Baca Juga: Inilah Tampilan AirPods Terbaru yang Bocor di Internet!

Kuo mempredksi bahwa AirPods 3 akan mengantongi angka penjualan hingga 40% di akhir tahun 2021. Sedamglam AirPods Pro, AirPods 2 dan AirPods Max akan mendapatkan porsi 28%, 31% dan 1%.

Namun jika AirPods 2 akan terus diproduksi, angka yang dicatata bisa berbeda sesuai kutipan di bawah ini.

If ‌AirPods‌ 2 will go to end-of-life after ‌AirPods‌ 3’s mass production, we estimate ‌AirPods‌ 3, AirPods Pro, ‌AirPods‌ 2, and ‌AirPods Max‌ will account for about 40%, 28%, 31%, and 1% of total shipments, respectively, in 2021. If ‌AirPods‌ 2 will continue production after mass production of ‌AirPods‌ 3, we estimate ‌AirPods‌ 3, ‌AirPods Pro‌, ‌AirPods‌ 2, and ‌AirPods Max‌ will account for about 32%, 28%, 39%, and 1% of total shipments in 2021, respectively.*

Kuo juga mengatakan bahwa Apple harus punya nilai jual lain dari AirPods jika ingin terus sukses di masa depan.

Selama ini hal istimewa dari AirPods adalah mode koneksi cepat ke perangkat Apple dan fitur ANC untuk AirPods Pro.

Menurut analis dari KGI Securities ini, Apple bisa mulai menambahkan fitur terkait teknologi kesehatan agar bisa lebih menonjol dibandingkan produk pesaing.

Editor : Bagus Hernawan