Berkat AirPods dan Beats, Apple Jadi No.1 di Jajaran Produk TWS

Rabu, 31 Maret 2021 | 15:14
MakeMac

Powerbeats Pro dan AirPods Pro

Perusahaan analisis data Canalys baru saja membagikan catatan data mengenai pengguna TWS (True Wireless Stereo) dan Werables untuk Q4 tahun 2020.

Data yang dibagikan menunjukkan hasil analisis beragam merek perangkat smart personal audio dan wearables (smart watch) yang paling banyak dikirimkan sepanjang tahun 2020 dan di Q4 2020.

Apple melalui produk AirPods dan Beats menjadi yang paling laris di bagian smart personal audio untuk data sepanjang tahun 2020 dan juga data Q4 2020.

Untuk data tahun 2020, AirPods dan Beats diperkirakan telah dikirim sebanyak 108,9 juta unit dengan market share 25,2%. Angka ini mencatat pertumbuhan sebesar 29,6% dari angka sebelumnya yaitu 84 juta unit.

Canalys
Canalys

Baca Juga: Mac mini M1 Rilis, Apple Memimpin Pangsa Pasar Komputer di Jepang

Predikat kedua dipegang oleh Samsung yang di dalamnya termasuk produk Harman. Dengan market share 8,9%, diperkirakan jumlah produk yang dikirimkan sebesar 38,3 juta unit dan pertumbuhan 3,8%.

Merek ketiga dan seterusnya dipegang oleh Xiaomi, Sony, Edifier dan lain sebagainya dengan total semuanya sebesar 432,1 juta unit.

Canalys
Canalys

Lanjut ke data Q4 2020, Apple diperkirakan telah mengirim AirPods dan Beats sebesar 37,3 juta unit dengan market share 26,5%. Angka ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 26,6% dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 29,5 juta unit.

Sama seperti data tahunan, predikat kedua dipegang oleh Samsung termasuk produk Harman, selanjutnya ada Xiaomi, Sony, Skullcandy dan lain sebagainya.

Data Wearables

Untuk data perangkat Wearables, Canalys mencatat pertumbuhan sebesar 10% dengan estimasi jumlah 185 juta unit.

Jason Low selaku Research Manager di Canalys menjelaskan bahwa pertumbuhan pasar untuk perangkat Werables bisa lebih tinggi daripada perangkat TWS.

Canalys
Canalys

Baca Juga: Setahun Pandemi, Apple Store Kembali Ijinkan Pelanggan Mencoba AirPods

Tantangan terbesar adalah membuat perangkat yang menarik dengan dukungan fitur kesehatan dan kebugaran yang kuat.

Dari data yang dibagikan Canalys, pengiriman perangkat wearables paling banyak di tahun 2020 dipegang oleh Xiaomi.

Data menunjukkan ada 37,7 juta perangkat Wearables dari Xiaomi yang dikirim sepanjang tahun 2020 dengan market share 20,3%. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 5,7% dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan untuk Apple, ada di peringkat kedua dengan 35,2 juta unit, market share 19% dan peningkatan 29% dibandingkan tahun sebelumnya.

Canalys
Canalys

Untuk data Q4 tahun 2020, Apple memimpin dengan angka 14,5 juta unit, market share 25% dan peningkatan 49,2%.

Predikat kedua dan seterusnya dipegang oleh Xiaomi, Huawei termasuk Honor, Fitbit, Samsung dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan, data yang dibagikan Canalys adalah hasil analis. Apple tidak pernah membagikan data jumlah penjualan produk AirPods, Beats atau Werables seperti Apple Watch.

Tag

Editor : Bagus Hernawan