Fitur AirTag Tidak Bisa Digunakan Secara Maksimal di Indonesia

Kamis, 22 April 2021 | 15:30
Apple

AirTag

AirTag, perangkat pelacak dengan bentuk gantungan kunci yang menggunakan Bluetooth dan Find My network telah dikenalkan pada Apple Event April 2021.

Aksesoris ini bisa digunakan untuk membantu kamu mencari barang yang mudah tertinggal atau hilang dengan cara menjadikannya sebagai gantungan kunci di tas, dompet atau benda kecil lainnya.

Untuk fitur pelacakan dan pencarian, teknologi yang digunakan adalah Bluetooth, Find My network dan UWB (Ultra WideBand) untuk Precision Finding.

Sayangnya dari temuan tim MakeMac, AirTag nantinya tidak dapat digunakan secara maksimal di Indonesia. Apa alasannya?

Jawabannya adalah teknologi UWB alias Ultra WideBand yang tidak mendukung negara Indonesia.

Dari catatan di Apple Newsroom, fitur Precision Finding di AirTag menggunakan teknologi Ultra Wideband. Di beberapa wilayah negara, fitur Ultra Wideband tidak tersedia atau dibatasi.

Menurut info di laman Apple Ultra Wideband, Indonesia masuk dalam salah satu negara yang tidak dapat menggunakan fitur ini.

Precision Finding is not available in countries and regions where Ultra Wideband technology is restricted. For more information, visit apple.com/uwb.

Baca Juga: AirTag Resmi Rilis Pakai Chip U1 Ultra Wideband dan Precision Finding

Sebagai tambahan, fitur Ultra Wideband juga ada di HomePod mini untuk Handoff U1. Sebelumnya juga telah diberitakan bahwa fitur ini tidak tersedia di Indonesia.

Bagi kamu yang belum tahu, Precision Finding adalah fitur pencarian AirTag yang lebih akurat misalnya di dalam ruangan.

Dengan Ultra Wideband, kamu bisa melakukan pencarian AirTag menggunakan iPhone yang sudah mendukung Ultra Wideband (iPhone 11 series dan iPhone 12 series) secara lebih akuratberdasarkan arah dan jaraknya.

Saat pengguna bergerak, Precision Finding menggabungkan input dari kamera, ARKit, akselerometer, dan giroskop. Setelah itu fitur ini akan memandu kamu ke AirTag menggunakan kombinasi suara, haptik, dan visual seperti gambar di bawah ini.

Apple
Apple

Precision Finding dengan Ultra Wideband

Sedangkan Find My network adalah teknologi baru yang dibuka Apple sejak beberapa minggu lalu untuk perangkat aksesoris.

AirTag yang hilang dan berada di luar jangkauan koneksi Bluetooth, dapat dicari menggunakan Find My network.

Baca Juga: Kolaborasi Apple x Hermes Rilis Aksesori AirTag Super Mahal!

Teknologi ini menggunakan perangkat Apple lainnya yang ada di sekitar AirTag tersebut, sebagai penangkap sinyal Bluetooth dan meneruskan kepada pemilik asli untuk informasi lokasinya.

Proses menangkap sinyal Bluetooth dari AirTag yang hilang oleh perangkat Apple di sekitarnya, dilakukan secara anonim dan pribadi.

Apple
Apple

Find My network di AirTag

Pengguna Apple di sekitar AirTag yang hilang tidak akan menyadari proses pengiriman lokasi atau mengetahui nama pemilik AirTag ini kecuali melakukan pemindaian dengan NFC ke AirTag jika diperlukan.

Apple juga menuliskan bahwa Find My network tidak tersedia di semua negara atau wilayah. Namun belum ada catatan mengenai daftar negara yang mendukung Find My network untuk saat ini.

Jika kamu berada di negara atau wilayah yang tidak mendukung Find My network, fitur pencarian AirTag yang tersedia hanya berupa koneksi ke Bluetooth.

Mengingat Ultra Wideband yang tidak tersedia di Indonesia, kemungkinan besar AirTag juga tidak akan dijual secara resmi di tanah air.

Editor : Bagus Hernawan