Panel Kaca iPhone Masa Depan Akan Jauh Lebih Tipis dan Kuat, Kok Bisa?

Rabu, 26 Mei 2021 | 17:29
Apple

Ilustrasi panel kaca pada layar iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Mini

Raksasa gadget asal Amerika Serikat, Apple, dikabarkan akanmelakukan perubahan terhadap panel kaca iPhone masa depan.

Rencananya, perubahan yang dilakukan oleh Apple akan berfokus pada cara untuk mempertipis lapisan panel kacalayar iPhone.

Selain itu, Apple juga akan memperkuat bahan material kaca sehingga nantinya iPhone akan menjadi lebih tahan banting.

Baca Juga: Bocoran Panel Kaca Depan iPhone 13 Series Beredar, Notch Lebih Kecil

Sementara itu, kabarApple yang akanmempertipis serta memperkuat panel kaca iPhone ini sendiri pertama kali terungkap melalui paten terbaru Apple di United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Bagi yang belum tahu, USPTO adalah badan independen Amerika Serikat yang memberikan paten ataskekayaan intelektual maupun hak cipta dari individuatau kelompok.

Menurut keterangan di USPTO, Apple menamai paten teknologi ini dengan sebutan "cetakan material kaca untuk perangkat elektronik portabel".

Meskipun Apple belum mengumumkan secara resmi terkait untuk apa paten itu, tapi dari gambar serta penjelasan yang ada di paten USPTO sudah cukup menjelaskan bahwa paten ini terkait dengan perubahan pada panel kaca iPhone masa depan.

Lalu, bagaimanagambar serta penjelasan yang ada di paten USPTO tersebut?

Dari paten di USPTO, dapat dilihat adanya penambahan ruang pada bagian layar iPhone.

Penambahan ruang ini berfungsi untuk mengakomodir sebuah lapisan panel kaca terbaru yang rencananya akan disematkan Apple pada layar iPhone masa depan.

Lapisan terbaru dari panel kaca iPhone ini nantinya memiliki fungsi utama untuk melindungi panel kaca utama dan LCD, terutama dari berbagai macam benturan.

Baca Juga: Corning Kerjakan Kaca Fleksibel untuk Layar iPhone yang Dapat Dilipat

USPTO
USPTO

Bentuk cetakan layar iPhone masa depan yang memiliki ruang lebih untuk mengakomodir penambahan lapisan panel kaca terbaru

Meskipun begitu, disaat yang bersamaan Appleingin agar lapisan panel kaca iPhone terbaru itu memiliki ukuran yang tipis.

Sebenarnya, Apple telah memiliki sebuah panel kaca super kuat bernama Ceramic Shield.

Namun, Apple tetap merasa panel kaca yang ada di layar iPhone 12 dan 12 Pro itu masih cukup tebal dan perlu dibuat makin tipis lagi.

Maka dari itu, Apple kabarnya bakal mencari atau membuat material kaca terbaru super kuat hingga tahan banting, tetapi juga punya punya ukuran yang tipis.

Sampai sekarang, masih belum ada keterangan pasti dari pihak manapun terkait kapan Apple akan mulai membuat lapisan panel kaca iPhone tersebut.

Tetapi, dari rumor yang beredar, Apple akan segera melakukan penelitan dan pengembangan lebih lanjut untuk menemukan atau membuat bahan material kacayang tipis dan super kuat.

Jadi, kemungkinan besar panel kaca ini belum akan ada di smartphone iPhone yang akan dirilis Apple dalam waktu dekat.

Baca Juga: (Video) Drop Test iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max Buktikan Kekuatan Material Kaca

Itulah beberapa informasi menarik terkait rencana Apple untuk mempertipis serta memperkuat panel kaca iPhone masa depan.

Terus perbarui informasi terkini hanya di MakeMac guna mengetahui update dan perkembangan seputar panel kaca iPhone ini. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : Apple Insider

Baca Lainnya