iFixit Bongkar iMac M1, Bahas Beberapa Detail Rahasia dan Penting!

Jumat, 28 Mei 2021 | 13:25
iFixit

Teardown iMac M1

Komputer iMac M1 telah dikenalkan bulan lalu dengan CPU Apple M1, desain bodi baru dengan 7 pilihan warna dan beragam hal menarik lainnya.

Laman iFixit yang dikenal selalu membagikan tutorial untuk perbaikan dan membongkar produk Apple, telah membuat konten iMac 24 inci M1 Teardown alias bongkar habis iMac M1.

Dalam catatan yang dibagikan iFixit, ada beragam detail menarik seputar iMac M1 yang bisa kamu simak dari catatan di bawah ini.

Pertama, iMac M1 menggunakan bodi kaca secara keseluruhan dan membuatnya sebagai panel kaca utuh di bagian depan. Hal ini mempermudah proses bongkar karena cukup melepaskan layar depan saja yagn menempel dengan lem.

Bicara lem, iMac M1 masih menggunakan perekat alias adhesive seperti iMac generasi sebelumnya yang cukup mudah dilepas.

Dari catatan iFixit, produk Apple yang paling susah dibongkar adalah perangkat iPad karena menggunakan perekat yang sangat kuat.

Setelah membuka panel layar dengan resolusi 4,5 K ini, iFixit menunjukkan detail mesin dari iMac M1.

Ukuran mesin utama alias logic board dari iMac M1 disebut sebagai mesin iMac paling kecil yang pernah dirilis Apple. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan MacBook Air M1. Namun bedanya iMac M1 menggunakan pendigin kipas sementara MacBook Air M1 tidak menggunakan kipas sama sekali.

iFixit
iFixit

Teardown iMac M1

Masih membahas kipas, iFixit mencatat bahwa iMac M1 menggunakan sebuah kipas pendingin untuk spek paling rendah. Sedangkan spek tengah dan lebih tinggi, menggunakan 2 kipas agar pendinginan semakin maksimal.

Speaking of air, our mid-tier iMac comes with two small fans (vs. just one in the base model). This marks the first dual-fan setup in an M1 machine—which ought to be more than enough, considering how well the completely fanless M1 MacBook Air seems to perform with the exact same chip.

Baca Juga: iFixit Bongkar AirTag, Ungkap Desain Kompak Hingga Speaker Canggih

Hal menarik lainnya yang dibahas adalah seputar stand atau penyanggga dari iMac M1.

Tidak seperti perangkat iMac generasi lama yang punya penyanggan dengan sistem mudah dibongkar, hal ini tidak berlaku di iMac M1.

Kamu harus membuka panel layar dan melepas pengunci untuk penyanggan ini sebelum mengganti dengan VESA mount.

iFixit
iFixit

Penyanggan iMac M1

Pembahasan lainnya yang tidak kalah menarik adalah ruang logam berukuran besar di sisi kiri dan kanan iMac M1 bagian dalam.

Ternyata bagian tersebut tersambung dengan 2 pasang speaker dan tweeter di iMac. Kegunaan utama bagian ini adalah menghasilkan ruang resonansi yang dibutuhkan untuk membuat output speaker maksimal, mengingat ukuran iMac M1 sangat tipis.

Laman sumber juga membongkar Magic Keyboard dengan Touch ID serta Power Connector dari iMac M1.

iFixit
iFixit

Magic Keyboard iMac M1

Sama seperti Touch ID di iPhone, sensor biometrik ini juga terkunci dengan setiap keyboard sehingga tidak bisa ditukar begitu saja.

What happens when you swap keyboard Touch ID sensors? They connect just fine and register Touch ID key clicks—but alas, don’t want anything to do with our fingerprints. Each Touch ID sensor seems to be paired to its original keyboard.

Baca Juga: Teardown AirPods Max Ungkap Detail Hardware dan Desain Rahasia

Sedangkan untuk Power Connector, iFixit memuji langkah Apple untuk desain ini.

Mengingat desain sumber listrik yang ada di luar, masalah konselting kapasitor untuk bagian daya listrik bisa dicegah dari kemungkinan mengenai hardware mesin dan lainnya.

Kamu bisa membaca penjelasan lengkap dari Teardown iMac M1 di laman iFixit berikut ini.

Apakah kamu tertarik membeli iMac M1 jika sudah dijual di Indonesia? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya