7 Hal Wajib Tahu Seputar WWDC untuk Pengguna Produk Apple Baru

Kamis, 03 Juni 2021 | 13:33
Apple newsroom

Tim Cook di WWDC 2019

WWDC alias Worldwide Developers Conference adalah acara tahunan yang diadakan Apple untuk mengenalkan produk baru dan ajang berkumpulnya para komunitas pengembang perangkat lunak di ekosistem Apple.

Mungkin bagi beberapa Apple Fanboy, istilah WWDC masih kurang populer dibandingkan Apple Event yang juga biasa diadakan secara rutin oleh Apple. Atau malah kamu sering tertukar antara WWDC dan Apple Event?

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membagikan beragam hal yang wajib kamu tahu seputar WWDC. Yuk simak langsung!

10 Hal Wajib Tahu Seputar WWDC

1. Apa Itu WWDC?

Apple
Apple

WWDC21

WWDC adalah kepanjangan dari Worldwide Developers Conference.

Acara konferensi teknologi ini diadakan oleh Apple secara rutin setiap tahun, tepatnya sejak 1983.

Selama hampir 40 tahun, WWDC kebanyakan diadakan di San Jose Convention Center, berpindah ke Bill Graham Civic Auditorium di awal tahun 2000-an dan kembali lagi ke San Jose Convention Center pada tahun 2017.

Namun karena pandemi COVID–19, WWDC tahun lalu dan tahun ini akan diadakan secara online lewat website Apple dan akses lengkapnya untuk pengembang terdaftar di web Apple Developer.

Sejak masa awal WWDC, Apple menggunakan acara ini untuk mengenalkan sistem operasi atau aplikasi baru buatan mereka kepada para pengembang.

Namun tidak jarang juga Apple menggunakan WWDC untuk mengenalkan produk baru yang berupa perangkat keras alias hardware.

Baca Juga: Resmi! Apple Umumkan WWDC21, Digelar 7-11 Juni Secara Virtual

2. Kapan WWDC Berlangsung Setiap Tahun

WWDC 2019

WWDC hanya dilakukan sekali setiap tahun. Acara ini selalu dilakukan di tengah tahun yaitu antara bulan Juni atau Juli.

Apple tidak pernah menjelaskan alasan mengenai WWDC diadakan di bulan Juni atau Juli.

Namun kemungkinan besar faktor cuaca yang sedang cerah di tengah tahun dan peluncuran produk baru yang diadakan di akhir tahun bisa jadi dua hal yang paling signifikan dalam pemilihan waktu untuk WWDC.

Selain WWDC, Apple juga punya acara rutin lainnya dengan nama Apple Event.

Bedanya dengan WWDC, Apple Event tidak mengundang pengembang dari Apple Developer untuk datang ke acara tersebut dan biasanya Apple Event dilakukan 3–4 kali dalam setahun.

Setelah WWDC di bulan Juni, Apple biasanya akan mengadakan Apple Event di September untuk mengumumkan iPhone baru dan tanggal rilis iOS terbaru.

3. Siapa yang Bisa Datang ke WWDC?

Apple Developer

Apple Developer

Peserta utama dari WWDC adalah para pengembang terdaftar di Apple Developer yang mendapatkan undangan.

Meskipun disebut undangan, tetapi kamu harus membayar untuk mengikuti acara ini.

Ya, undangan yang dimaksud lebih tepat disebut lotere karena dibuat dengan sistem undian.

Jika mendapatkan undian ini, kamu harus menebus tiket WWDC seharga $1500 untuk mengikuti acara WWDC selama sepekan. Biaya ini belum termasuk akomodasi dan trasportasi yang harus ditanggung oleh setiap peserta.

Tercatat dalam beberapa sumber bahwa setiap tahunnya tamu WWDC berkisar antara 4.000 hingga 6.000 orang, termasuk di dalamnya adalah 350 peserta dari WWDC Scholarship

Selain Apple Developer yang datang lewat jalur undangan, tamu lain juga ada di acara WWDC.

Contohnya adalah para siswa yang mendapatkan WWDC Shcolarship alias beasiswa dari Apple, media dan jurnalis serta undangan khusus dari Apple seperti para investor dan rekanan.

Baca Juga: Yuk Download Wallpaper iPhone dan Apple Watch Spesial WWDC 2021

4. Isi Kegiatan WWDC

Craig Federighi di WWDC 2019

WWDC selalu dimulai dengan presentasi atau Keynote dari Apple.

Presentasi pembukaan Keynote WWDC era modern ini selalu disiarkan secara Live Streaming di website Apple dan diisi oleh CEO Apple, Tim Cook serta para petinggi Apple lainnya. Durasi presentasi biasanya berlangsung selama 1–2 jam.

Di presentasi WWDC, para eksekutif Apple akan menjelaskan beragam produk atau teknologi baru.

Usai sesi tersebut, para Apple Developer yang hadir di acara ini dapat mengikuti beragam sesi atau jadwal kelas yang berisi penjelasan lebih lengkap dalam beragam topik

Apple Developer juga bisa mendaftarkan diri untuk konsultasi dengan para insinyur Apple seputar aplikasi yang mereka bisa buat dengan teknologi baru yang dikenalkan.

Karena banyaknya sesi dan jadwal kelas yang diberikan Apple, WWDC biasanya akan berlangsung selama sepekan.

Namun sekarang karena WWDC diadakan secara online, semua bagian dari acara WWDC tahun 2021 hanya dapat diikuti lewat website Apple Developer saja.

Baca Juga: Cerita Remaja 15 Tahun Pemenang WWDC 2021 Swift Student Challenge

5. Tujuan Apple Bikin WWDC?

WWDC 2020

Tujuan utama Apple membuat WWDC adalah melakukan presentasi pengenalan produk baru dan memberikan penjelasan atau pelatihan kepada Apple Developer.

Namun sebetulnya acara WWDC lebih dari sekedar pertemuan Apple dan Apple Developer.

Sesama Apple Developer di seluruh dunia bisa menjalin komunitas yang lebih erat lewat WWDC dan juga mungkin melakukan kerja sama terkait karir dan perancangan produk mereka di masa depan.

Hal yang sama juga berlaku untuk para pelajar di WWDC Scholarship.

Dengan pengalaman pernah menang dan mendapatkan beasiswa dari Apple, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya berkarir alias kerja sebagai insinyur Apple atau menjadi pengembang aplikasi yang sukses.

6. Pengumuman yang Ada di WWDC

appleinsider.com

Mac Pro 2019

Kebanyakan pengumuman yang ada di WWDC adalah mengenalkan sistem operasi yang akan digunakan Apple pada produk tahun ini.

Seperti macOS, iOS, iPadOS, tvOS dan watchOS. Selain mengenalkan sistem operasi baru, Apple juga bisa mengenalkan hardware baru yang mungkin berkaitan erat dengan Apple Developer.

Misalnya di tahun 2005, Apple mengumumkan transisi dari PPC ke Intel dalam acara WWDC.

Produk hardware yang juga pernah dikenalkan Apple di WWDC adalah Mac Pro pada tahun 2019, iMac Pro di tahun 2017 dan beragam lainnya.

Baca Juga: Unduh Beragam Wallpaper WWDC 2019 untuk iPhone, iPad dan Mac

7. Pentingnya WWDC untuk Pengguna Umum

Apple
Apple

WWDC 2019 kenalkan watchOS 6

Lalu bagaimana dengan pengguna umum, penting gak sih nonton semua sesi WWDC atau mengikuti beragam berita terkait acara tersebut?

Karena kebanyakan sesi WWDC berisi penjelasan teknis atau hal terkait pengembangan aplikasi, kamu tidak perlu mengikuti acara ini secara terus menerus selama sepekan.

Namun untuk Keynote WWDC, biasanya Apple Fanboy di seluruh dunia rela meluangkan waktu untuk menonton acara ini demi menjadi yang pertama melihat sistem operasi baru untuk iOS, iPadOS, macOS dan lain sebagainya lengkap dengan daftar fitur unggulannya.

Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mengikuti acara WWDC21? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan