Apple Akan Tambah Jumlah Antena 5G mmWave di iPhone Masa Depan

Senin, 07 Juni 2021 | 18:47
Apple

5G di iPhone 12

Raksasa gadget asal Amerika Serikat, Apple, dikabarkan akanmenambah jumlah antena 5G mmWave iPhone masa depan.

Nantinya, jumlah antena5G mmWave iPhone masa depan tidak hanya berjumlah satu, melainkan bisa saja dua sampai tiga.

Sebagai informasi tambahan, iPhone jenis terbaru besutan Apple saat ini, yakni iPhone 12 Pro memang baru memiliki satu buah antena 5G mmWave di bagian samping.

Baca Juga: Telkomsel Jadi Operator 5G Pertama di Indonesia, Mendukung iPhone 12?

Sementara itu, kabar mengenai Apple yang akanmenambah jumlah antena5G mmWave di iPhone masa depan ini pertama kali terungkap melalui paten terbaru Apple di United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Bagi yang belum tahu, USPTO adalah badan independen Amerika Serikat yang memberikan paten ataskekayaan intelektual maupun hak cipta dari individuatau kelompok.

Menurut keterangan di USPTO, Apple menamai paten ini dengan sebutan "perangkat elektronik genggam".

Meskipun Apple belum mengumumkan secara resmi terkait untuk apa paten itu, tapi dari gambar serta penjelasan singkat yang ada di paten USPTO sudah cukup menjelaskan bahwa paten ini terkait denganpenambahan jumlah antena5G mmWave iPhone.

Lalu, seperti apa gambar serta penjelasan singkat yang ada di paten USPTO tersebut?

Gambar yang ada di paten USPTO ini memperlihatkan bentuk iPhone masa depan yang memiliki beberapa antena5G mmWave.

Total, ada tiga buah antena5G mmWave yang tergambar pada paten Apple kali ini di USPTO.

Tiga buahantena tersebuttersemat di bagian samping, bodi depan, dan bodi belakang.

Apple berharap, smartphone iPhone masa depan akan dapat menerima transmisi koneksi 5G dengan lebih baik lewat penggunaan tigaantena5G mmWave ini.

Baca Juga: Koneksi 5G di iPad Pro M1 Bisa Digunakan untuk Update iPadOS

USPTO
USPTO

Tiga antena 5G mmWave yang akan ada di iPhone masa depan

Terkait dengan fungsinya, paten Apple di USPTO menjelaskan bahwa ketiga antena5G mmWave tersebut berfungsi untuk menangkap sinyal frekuensi 5G dari berbagai macam arah.

Selain itu, penggunaan 3 antena5G mmWave ini jugaberfungsi untuk membackup ketika satu antena tidak dapat bekerja secara optimal.

Terutama, ketika sinyal frekuensi 5G terhalang suatu objek, maka ketiga antena ini akan dapat menangkap sinyal tersebut dengan lebih baik.

Sampai sekarang, masih belum ada kepastian kapan Apple akan mulai menggunakan sistemtigaantena5G mmWave pada smartphone iPhone.

Tetapi, karena baru mulai dipatenkan awal Juni lalu, maka kemungkinan besar penyematan tiga antena tersebut tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Tentunya hal ini karena Apple memerlukan riset dan pengembangan awal terlebih dahulu sebelum nantinya sistemtigaantena5G mmWave mulai disematkan atau di produksi di iPhone masa depan.

Baca Juga: Apple Tingkatkan Pengiriman dan Perluas Jangkauan iPhone 5G mmWave

Jadi, itulah beberapa informasi menarik terkait paten Apple terbaru yang berhubungan dengan penyematan tigaantena5G mmWave pada smartphone iPhone masa depan.

Terus perbarui berita terkini hanya di MakeMac guna mengetahui update dan perkembangan selanjutnya seputar penggunaan tiga antena5G mmWave ini di perangkat iPhone. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : Patently Apple

Baca Lainnya