(Rumor) Chip 3nm Terbaru Apple Tidak Akan Diproduksi TSMC Tahun 2021

Sabtu, 19 Juni 2021 | 15:02
Gizmochina

logo perusahaan TSMC

Sebuah kabar terbaru datang dari Chip 3nm Apple yang dikabarkan tidak akan mulai di produksi tahun 2021.

Kabar Chip 3nm Apple yang tidak akan diproduksi tahun 2021 tersebut pertama kali dihembuskan oleh salah satu media massa.

Lebih tepatnya, media massa populer asal Taiwan bernamaDigitmeslah yang pertama kali mengabarkan hal ini.

Baca Juga: Pengiriman Chip Macet, Produksi iPad dan Mac Diprediksi Terhambat

Digitmesmengatakan bahwa kabar yang mereka dapatkan terkait Chip 3nm Apple tidak diproduksi tahun 2021 ini bukan sembarangan.

Hal ini lantaran media yang sudah berdiri sejak tahun 1998ini mendapatkan kabar tersebut dari salah satu sumber terpercaya.

Jelasnya,Digitmesmendapatkan kabar tersebut dari seorang informan yang bekerja di salah satu supplier Apple, yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Bagi yang belum tahu, TSMC adalah perusahaan manufaktur asal Taiwan yang bergerak dibidang pembuatan desain semikonduktor chipset dan juga merupakan salah satu supplier chipset Apple.

Lalu, jika bukan di tahun 2021, kapan Chip 3nm Apple akan mulai di produksi?

Menurut informan yang bekerja di TSMC, Chip 3nm Apple akan mulai di produksi tahun depan.

Waktu pastinya, Chip 3nm Apple akan diproduksi oleh TSMC pada paruhkedua tahun 2022.

Paruh kedua setiap tahunnya sendiri berlangsung antara bulan Juli sampai Desember.

Baca Juga: TSMC Dilaporkan Mulai Produksi Chip A15 Bionic untuk iPhone 13

Lebih lanjut, sang informan menjelaskan bahwa di tahun ini, TSMC akan lebih berfokus untuk membuat satu seri Chip Apple lainyaitu Chip berukuran 4nm.

Rencananya, Chip 4nm Apple akan mulai di produksi secara masif mulai bulan depan.

Selain Chip 4nm yang akan mulai diproduksi bulan depan, saat ini TSMC dilaporkan sedang berfokus terhadap produksi Chip A15 yang menurut rumor akan digunakan untuk seri smartphone iPhone 13.

YouTube/Unbox Therapy
YouTube/Unbox Therapy

Tampilan unit Dummy iPhone 13 Pro Max yang ada di video Unbox Therapy

Sementara itu, sang informan juga berujar bahwa nantinya, Chip 3nm Apple akan memiliki beberapa keunggulan dibanding seri Chip Apple lainnya.

Apa keunggulan dari Chip 3nm Apple sesuai dengan penjelasan informan tersebut?

Informan tersebut berujar, dibanding seri Chip Apple lainnya, Chip 3nm Apple unggul dari segi arsitektur, performa, efisiensi daya, dan biaya produksi.

Bahkan,performa dan efisiensi daya Chip 3nm Apple ini disebut-sebut akan meningkat sejumlah 15% dan 30% dibanding seri-seri sebelumnya.

Informan ini pun juga menyebut bahwa nantinya Chip terbaru ini akan menjadi Chip tercanggih milik Apple yang pernah dibuat oleh TSMC.

Meskipun begitu, sampai sekarang masih belum diketahui produk-produk besutan Apple apa yang akan menggunakan Chip 3nm ini.

Oleh karenanya, terus perbarui informasi terkini hanya di MakeMac guna mengetahui update dan perkembangan seputar Chip 3nm Apple. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : MacRumors

Baca Lainnya