Dorong Produktivitas dari Rumah, Berikut Rekomendasi Peralatan Kerja yang Wajib Dimiliki

Senin, 06 September 2021 | 09:34
Dok. Shutterstock

Ilustrasi ruangan kerja di rumah

Memasuki penghujung 2021, bekerja dari rumah telah berubah menjadi kebiasaan baru. Selain disebabkan oleh pandemi yang belum mereda, bekerja dari rumah juga dianggap memiliki banyak keunggulan daripada bekerja di kantor.

Alih-alih harus bangun lebih awal dan menerjang macet, Anda bisa menghemat waktu, uang, dan tenaga ketika bekerja dari rumah. Untuk masalahoutfit, pakaian apa saja bisa digunakan untuk bekerja di rumah. Kondisi ini tentu tidak bisa dinikmati ketika bekerja di kantor.

Di samping kedua poin tersebut, fleksibilitas kerja pun menjadi salah satu alasan mengapa bekerja dari rumah disukai banyak orang. Asalkan pekerjaan selesai tepat waktu, lokasi kerja dan waktu pengerjaan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Meski begitu, bekerja dari rumah juga tidak lepas dari berbagai tantangan. Dua tantangan yang umum dikeluhkan adalah produktivitas dan motivasi.

Baca Juga: Apple Tunda Peluncuran Fitur Pendeteksi Konten Sensitif, Ini Alasannya

Jika masalahnya adalah fasilitas kerja seperti MacBook yang sudah lawas atau kurang mumpuni, Anda bisa menggantinya dengan MacBook M1 atau iMac keluaran terbaru.

Namun, produktivitas dan motivasi tidak hanya disebabkan oleh persoalan perangkat. Suasana kerja yang kerap sulit dibangun karena suasana rumah yang identik dengan tempat beristirahat sering menjadi sebabnya.

Untuk menyiasatinya, Anda bisamembangun suasana kerja lewat berbagai beberapaperlengkapan penunjangberikut ini.

Meja yang luas

Membangkitkan suasana kerja bisa dimulai dengan meja yang luas dan nyaman. Di samping tampilannya yang bagus, meja harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna. Misalnya untuk pekerjaan administrasi, Anda bisa mencari meja yang memiliki banyak laci atau kompartemen.

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Stiker Money Heist, Begini Cara Downloadnya

Namun, bila Anda merupakan orang yang senang berpindah tempat, pastikan Anda membeli meja yang dapat dilipat atau disesuaikan tingginya. Agar lebih awet, Anda bisa mempertimbangkan bahan kayu yang kokoh.

Jika lebih senang dengan meja dengan tampilan ala kantoran, Anda bisa mencoba desainmeja kantor dari Pira Metropolisdengan harga terjangkau.

Kursi yang nyaman

Ruangan kerja tidak lengkap rasanya tanpa kursi empuk dan nyaman di dalamnya. Ketimbang menggunakan kursi makan atau kursi biasa, Anda bisa memilih kursi yang didesain khusus untuk bekerja agar tetap nyaman meski duduk berjam-jam.

Untuk melengkapi kenyamanan, pilihlah kursi dengan alas busa yang tebal, memiliki dudukan tangan, serta memiliki pola sandaran kursi yang sesuai dengan bentuk tubuh. Akan lebih baik jika tinggi kursi bisa disesuaikan dengan tinggi meja.

Baca Juga: Perilisan MacBook Pro 14 dan 16 inci Dikabarkan Alami Penundaan

Bila tidak ingin repot, Anda dapat membeli kursi yang didesain khusus untuk kebutuhan kantoran. Salah satunya sepertikursi kantor dari Pira Work.

Karpet lembut

Bekerja di depan meja terkadang sering memicu bosan atau mengantuk. Solusinya, Anda bisa berpindah tempat dengan duduk di lantai atau lesehan. Supaya tidak kedinginan atau pegal selama duduk di lantai, pilihlah karpet yang memiliki permukaan tebal dan lembut di kulit.

Apabila bosan dengan karpet bulu atau bermotif polos, mencari karpet dengan tekstur kain bermotif bisa dicoba. Misalnya dengan menggunakankarpet bernuansa Swedia dari ARTSY.

Pencahayaan yang pas

Guna menjaga motivasi dan produktivitas, hindari bekerja di tempat redup atau gelap. Sebab, selain merusak penglihatan, suasana kerja yang redup akan membuat mata menjadi cepat lelah dan mengantuk.

Sebagai solusi, Anda bisa mencari lampu yang berwarna terang dengan watt yang rendah. Di samping bertujuan agar konsumsi daya tidak terlalu tinggi, lampu berwarna terang bisa membuat ruangan terlihat lebih segar dan bersih.

Namun, pemilihan pencahayaan yang terang terkadang tidak pas buat kamar tidur. Sebab, lampu bernuansa redup dapat membuat mood jadi lebih rileks. Lalu, bagaimana kalau kamar tidur juga berfungsi sebagai ruang kerja di pagi hingga sore hari?

Solusinya, Anda bisa memanfaatkan lampu pintar yang terintegrasi dengan WiFi di rumah. Misalnyalampu Smart WiFi LED dari Philipsdengan suhu warna yang bisa diatur sesuai keinginan.

Baca Juga: Apple Rekrut Dua Ahli Otomotif Mercedes Guna Bantu Produksi Apple Car

Selain empat peralatan pendukung di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli peralatan tambahan agar tetap sehat. Misalnya dengan membeliUVC sterilizer Philipsuntuk barang-barang yang banyak disentuh atau kerap digunakan.

Mengingat saat ini pemerintah masih memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM). Anda bisa memesan kelima barang tersebut secaraonlinemelalui kanal LazMall di Lazada.

Dok. Lazada

Lazada 9.9 Big Brands Sale

Sebagai informasi, LazMall merupakan kanal “Mall” yang menyediakan produk orisinal dari distributor resmi maupun official store merk-merk ternama. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu akan kualitas maupun garansi dari setiap produk yang dipesan.

Agar berbelanja makin hemat, Anda bisa memanfaatkan festival belanja Lazada seperti Lazada 9.9 Big Brands Sale yang sedang berlangsung saat ini.

Baca Juga: Kumpulan Gambar Mock-Up Apple Watch Series 7, Bezel Lebih Tipis!

Diselenggarakan selama 18 hari, mulai tanggal 25 Agustus hingga 11 September 2021, Lazada menghadirkan bonus dadakan sampai dengan Rp 500.000, Brand Deals Serba 9 Ribu, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Bukan cuma itu, Lazada juga mengadakan Brand Mega Offer Seharian dengan diskon hingga 50 persen danvouchersenilai Rp 99.000.Pada 9-11 September 2021 mendatang, Lazada turut menghadirkan promo puncak melalui Lazada 9.9 Mega Sale.

Untuk menikmati berbagai penawaran menarik ini, Anda bisa langsung mengunjungi laman LazadadiLazada Indonesiaatau melalui aplikasi Lazada untukIOSdanAndroid. Selamat berbelanja!

Editor : Sheila Respati