Hasil Kamera iPhone 13 Pro Max vs Google Pixel 6 Pro, Pilih Mana?

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:53

Ilustrasi Google Pixel 6 Pro (kiri) dan iPhone 13 Pro Max (kanan)

Google dan Apple merupakan 2 produsen smartphone yangmempunyai kekuatan di sektor kamera.

Beberapa waktu lalu, Google danApple sama-sama meluncurkan smartphone flagship mereka yaitu Google Pixel 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Kedua smartphone tersebut digadang-gadang mempunyai kamera canggih yang mampu menghasilkan foto/video berkualitas profesional.

Baca Juga: iPhone 13 Pro Max Raih Penghargaan Smartphone dengan Layar Terbaik

Keunggulan kamera Google Pixel 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max membuat banyak penggemar bertanya-tanya seputar perbandingan hasil kamera dua perangkat tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran banyak pihak, Youtuber SuperSaf membuat perbandingan hasil kamera iPhone 13 Pro Max dan Google Pixel 6 Pro.

SuperSaf membandingkan hasil kamera iPhone 13 Pro Max dan Google Pixel 6 Pro dari beberapa aspek yaitu kemampuan low light, ultrawide, macro, zoom, portrait mode, selfie, dll.

Penasaran dengan hasil kamera iPhone 13 Pro Max dan Google Pixel 6 Pro? Simak penjelasan di halaman berikutnya.

Spesifikasi Kamera Google Pixel 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Google Pixel 6 Pro mengusung konfigurasi triple-camera dengan lensa utama 50MP (f/1.85), lensa telephoto 48MP (f/3.5), dan lensa ultra-wide 12MP (f/2.2).

Melansir dari situs Google Store, kamera Google Pixel 6 Pro mempunyai sensor utama yang lebih besar dan memungkinkan perangkat untuk menangkap cahaya 150% lebih banyak.

Google Pixel 6 Pro juga mempunyai mode portrit, 4x optical zoom, dan beberapa keunggulan lain yang membuat perangkat tersebut mampu menghasilkan foto profesional.

Baca Juga: Bocoran Tanggal Pre-Order iPhone 13 Resmi Indonesia Bulan November

Di lain sisi, Apple menggunakan kamera 12MP dengan sensor 1.9 µm pixels untuk lensa wide.

Untuk meningkatkan kemampuan jepretan di kondisi minim cahaya, iPhone 13 Pro di bagian Wide Lens menggunakan spek ƒ/1.5 aperture. Spek ini membuat hasil foto di malam hari bisa mendapatkan cahaya hingga 2,2 kali lipat lebih banyak dibandingkan iPhone 12 Pro.

Lanjut ke lensa Ultra Wide, Apple menggunakan spek ƒ/1.8 aperture dengan teknologi auto fokus terbaru. Lensa ini diklaim dapat menangkap cahaya hingga 92% lebih banyak dalam kondisi gelap, untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah dan tajam.

Kemudian untuk lensa telephoto,Apple menggunakan spek baru yaitu lensa 77mm yaitu 3x optical zoom dengan total 6x optical zoom dari sistem kamera di iPhone 13 Pro series.

Apple
Apple

Kamera iPhone 13 Pro

Perbandingan Hasil Kamera Google Pixel 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Hasil Low Light

Hasil foto Low Light Google 6 Pro vs iPhone 13 Pro Max

Hasil Low Light Indoor Google 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Hasil Macro

Hasil foto macro Google Pixel 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Hasil kamera Google Pixel 6 Pro vs iPhone 13 Pro Max

Baca Juga: Pengiriman iPhone 13 Series Tertunda Akibat Stok Kamera Habis

Hasil Foto Wide-Angle

Hasil perbandingan foto wide-angle Google Pixel 6 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Hasil foto Wide-angle Google Pixel 6 Pro vs iPhone 13 Pro Max

HasilFoto Zoom 10x

Hasil zoom kamera Google Pixel 6 Pro vs iPhone 13 Pro Max

Hasil kamera Google Pixel 6 Pro dalam mode low lightkalah dari iPhone 13 Pro Max.

Jika kita bandingkan, padafoto outdoor low light iPhone 13 Pro Max mempunyai kontrol terhadap sensitifitas cahaya yang lebih baik.

Kemudian, padafoto indoorlow lightiPhone 13 Pro Max saturasi warna dan shadow yang dihasilkan oleh kamera iPhone 13 Pro Max lebih baik.

Pada foto wide-angle dan macro, iPhone 13 Pro Max secara umum lebih baik dari Google Pixel 6 Pro.

Kendati demikian, Google Pixel 6 Pro mempunyai ketajaman kamera yang lebih baik dari iPhone 13 Pro Max karena menggunakan lensa dengan resolusi yang lebih besar.

Hal yang sama juga terlihat pada hasil foto Zoom 10x.

Resolusi kamera Google Pixel 6 Pro mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam dan berwarna dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, iPhone 13 Pro Max mempunyai keunggulan dari segi foto macro, low light,dan ultra-wide dibandingkan dengan Google Pixel 6 Pro.

Namun, resolusi kamera besar dari Google Pixel 6 Pro membawa keunggulan dari segi ketajaman gambar dan hasil telephoto yang lebih baik.

Bagaimana pendapat kalian sobat Make Mac?

Tetap ikuti Make Mac untuk informasi menarik seputar perangkat iPhone berikutnya.

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya