Pendiri Kompas Gramedia Raih Penghargaan Lifetime Achievement Award

Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:30
Kompas Gramedia

Pendiri Kompas Gramedia (KG), Jakob Oetama.

KPI Pusat memberikan sebuah penghargaan bergengsi kepada pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama.

Jakob Oetama menerima penghargaanLifetime Achievement Award dalam acara KPI Pusat Award (17/12).

Tentunya, penghargaan tersebut diberikan kepada mendiang Jakob Oetama bukan tanpa alasan.

KPI Pusat memberikan penghargaan tersebut berkatkonsistensi Jakob Oetama di dunia jurnalistik serta mengedepankan kemanusiaan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan Aplikasi Kompas di iPhone

"Jakob Oetama merupakan tokoh pers nasional yang mengedepankan humanisme dalam menyuarakan kebenaran," ungkap Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi, Jumat (17/12/2021) seperti dikutip dariKompasTV.

Hadi mengamati konsistensi Kompas dari mulai Kompas cetak dan membuka diri di dunia penyiaran terutama jenisbroadcasting.

Padahal, di tengah perkembangan media penyiaran yang semakin beragam, mayoritas sesungguhnya melihat televisi dilihat sebagai media hiburan.

"Kami melihat bahwa sosok almarhum Jakob Oetama bisa menjadi contoh yang lain. Juga dari sisi dedikasi beliau untuk pers jurnalistik termasuk sisi humanisnya, bisa menjadi contoh yang luar biasa," tuturnya.

Sementara itu, CEO KG yang juga anak dari Jakob Oetama, Lilik Utama menyampaikan rasaterima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPI pusat atas penghargaanlifetime achievementyang diberikan kepada Jakob Oetama.

Selengkapnya dapat dibaca di halaman kedua.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Bapak Agung Suprio, Ketua KPI Pusat Bapak Mulyohadi, Wakil Ketua Komisi Pusat serta komisioner KPI Pusat atas penghargaan ini, terima kasih," ucap Lilik Utama mengutip dariKompasTV.

Lilik menyebut bahwa penghargaan tersebut ditujukan juga bagi seluruh media di bawah naungan KG.

Seperti pesan yang pernah disampaikan Jakob, KG ini merupakan bagian dari usaha untuk ikut serta membangun sebuah Indonesia dalam lingkup kecil.

Bagian dari cita-cita besar Indonesia yang didasarkan atas kesamaan manusia Indonesia.

Baca Juga: INTISARI Menembus Lorong Waktu, 58 Tahun Hadirkan Tulisan Berkualitas

Jakob Oetama sendiri adalah jurnalis senior sekaligus tokoh pers nasional yang mengawali kariernya sebagai seorang guru.

Namun, ia kemudian memilih jalan sebagai seorang wartawan hingga dapat mendirikan jaringan media terbesar yakni Kompas Gramedia bersama rekannya, PK Ojong. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya