Gara-gara Kebijakan Apple Pemasukan Facebook Dikabarkan Turun Drastis

Selasa, 15 Februari 2022 | 17:39

Facebook

Berbicara tentang media sosial, tentunya tidak bisa dilepaskan dari nama Facebook.

Platform yang pertama kali dibentuk dan dikembangkan oleh Mark Zuckerberg ini sudah eksis dari tahun 2004.

Selamabelasan tahun, Facebook telah sukses mengumpulkan banyak pengguna di seluruh dunia.

Banyaknya pengguna ini tentunya berpengaruh terhadap pemasukan yang diterima oleh Facebook dan perusahaan induknya yang kini bernama Meta.

Baca Juga: Meta Ancam Cabut Instagram dan Facebook dari Eropa karena UU Privasi

WalaupunFacebook sudah sangat populer, hal itu tidak menjamin perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini bebas kerugian.

Laporan situs Recodejustru menujukkan bahwa Facebook dan Meta telah merugi dalam beberapa waktu terakhir.

Bahkan berdasarkan laporan keuangan minggu lalu, Facebook telah menelan kerugian sebesar 26%.

Dari berbagai macam faktor, Apple dan kebijakannya disebut-sebut sebagai penyebab kerugian besar Facebook.

Lebih tepatnya, Apple dan kebijakan App Tracking Transparency yang telah membuat Facebook menderita kerugian yang tidak sedikit nilainya.

Sebagaimana diketahui, kebijakan App Tracking Transparency sudah diberlakukan sejak tahun 2020 lalu.

Kebijakan App Tracking Transparency berhubungan dengan banyaknya iklan-iklan yang sering tampil dan muncul di smartphone iPhone besutan Apple.

Melalui kebijakan tersebut, pengguna iPhone bisa mematikan sistem tracking yang internet yang ada di berbagai macam aplikasi, salah satunya Facebook.

Baca Juga: Dampak App Tracking Transparency, Pengiklan iOS Migrasi Ke Android!

Ketika sistem tracking dimatikan, pihak ketiga tidak akan bisa memantau aktivitas pengguna.

Padahal bisanya sistem tracking digunakan untuk mengawasi aktivitas pengguna di internet, sehingga iklan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

Maka dari itu, kini seringkali pengguna iPhone menjumpai iklan-iklan yang ada di Facebook merekatidak relevan.

Hal itu mempengaruhi kemauan para pengiklan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka lewat Facebook.

Semakin sedikit pengiklan yang mau beriklan di Facebook, maka makin sedikit pula pendapatan yang akan diterima Facebook serta Meta.

Nah kalau menurut sobat MakeMac bagaimana, tulis pendapat kalian di kolom komentar ya. (*)

Tag

Editor : Bagus Hernawan

Sumber 9to5mac