Pengguna iPhone 6 dan 5s Keluhkan Aplikasi PeduliLindungi Force Close

Selasa, 22 Februari 2022 | 10:32
Apple

iPhone 6 Plus

Aplikasi PeduliLindungi mendadak hilang sejak minggu 20 Februari lalu. Hingga artikel ini tim MakeMac bagikan, aplikasi PeduliLindungi masih juga belum dapat ditemukan lewat fitur pencarian di App Store.

Dari catatan yang sebelumnya, aplikasi PeduliLindungi kabarnya hilang karena sekarang sedang dalam mode private.

Mode private artinya aplikasi tidak dapat ditemukan di pencarian App Store namun tidak sepenuhnya hilang atau dihapus dari App Store.

Pihak pengembang PeduliLindungi sudah menghubungi Apple untuk masalah ini dan kabarnya masih dalam proses untuk reupload ke App Store.

Sejak PeduliLindungi hilang di App Store, beberapa Sahabat MakeMac melaporkan bahwa sebelumnya mereka mengalami masalah force close atau aplikasi selalu mental alias tidak dapat digunakan pada beberapa tipe perangkat iPhone.

Kebanyakan laporan PeduliLindungi yang mengalami masalah ada di perangkat iPhone 6, iPhone 6 Plus dan iPhone 5s. Sistem operasi yang digunakan adalah iOS 12.5.5 dan aplikasi PeduliLindungi versi terbaru.

Keluhannya adalah PeduliLindungi tidak dapat digunakan alias setiap ditekan dari Homescreen, aplikasi tidak tampil atau kembali ke Homescreen lagi.

Beragam cara sudah dicoba oleh para Sahabat MakeMac yang mengalami masalah ini seperti Restart perangkat atau reinstal aplikasi PeduliLindungi. Namun PeduliLindungi masih tetap tidak dapat digunakan di beberapa tipe iPhone lawas tersebut.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Hilang dari App Store, Apa Sebabnya?

Alternatif Scan QR Code PeduliLindungi

MakeMac
MakeMac

Scan QR Code di PeduliLindungi via Tokopedia

Untuk pengguna iPhone yang saat ini mengalami masalah dengan aplikasi PeduliLindungi dan membutuhkan scan QR Code untuk check in di tempat pelayanan publik, silakan gunakan tips berikut ini.

Kamu bisa scan QR Code PeduliLindungi dari aplikasi lain yang mendukung fitur tersebut. Beberapa aplikasi yang mendukung adalah Gojek, Tokopedia, Shopee, Grab dan lain sebagainya.

Contohnya untuk aplikasi Tokopedia seperti gambar di bawah. Kamu tinggal tekan ikon PeduliLindungi lalu masukkan data nomor identitas KTP dan juga nama lengkap. Setelah itu fitur Scan QR PeduliLindungi dapat digunakan di aplikasi Tokopedia.

Editor : Bagus Hernawan