Follow Us

Aplikasi PeduliLindungi Hilang dari App Store, Apa Sebabnya?

Bagus Hernawan - Senin, 21 Februari 2022 | 10:11
PeduliLindungi
MakeMac

PeduliLindungi

Akhir pekan lalu Instagram @MakeMac ramai dengan keluhan para Apple Fanboy dari Indonesia.

Yaitu para pengguna iPhone mengeluhkan aplikasi PeduliLindungi yang tidak dapat ditemukan di App Store.

Beberapa pengguna baru menyadari hal ini karena mereka baru saja instal ulang perangkat iPhone atau pindah ke iPhone baru dan ingin instal aplikasi PeduliLindungi.

Namun sayangnya ketika dicek ke App Store, aplikasi PeduliLindungi tidak dapat ditemukan dari fitur pencarian.

Dikutip dari Kompas Tekno, PeduliLindungi di App Store memang sedang hilang atau tidak bisa ditemukan lewat fitur pencarian sejak Minggu, 20 Februari 2022.

Dari keterangan yang diberikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Widyawati, aplikasi PeduliLindungi saat ini sedang dalam mode private di App Store.

Itu artinya jika aplikasi ada dalam mode private, tidak dapat ditemukan dari fitur pencarian di App Store namun tidak sepenuhnya hilang.

Pengguna PeduliLindungi yang sebelumnya sudah instal aplikasi ini tetap dapat menggunakan fiturnya secara normal.

Widyawati menjelaskan bahwa pihaknya tekan berkoordinasi dengan Apple untuk kembali menampilkan PeduliLindungi di App Store.

Pihak Apple menjelaskan bahwa untuk mengembalikan aplikasi dari mode private ke publik, pengembang aplikasi harus upload ulang aplikasi tersebut ke App Store.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Apple US sejak Minggu. Namun, mereka meminta agar Kemenkes RI melakukan upload ulang aplikasi. “Kami kontak ke Apple US sejak kemarin dan satu-satunya cara adalah reupload aplikasi baru karena mereka katanya tidak bisa mengembalikan dari privat menjadi public,” jelas dia. Selain menyiapkan proses reupload, Kemenkes juga masih mengusahakan mencari solusi lain.

Jika sebelumnya kamu sudah pernah unduh aplikasi PeduliLindungi dan tidak sengaja terhapus saat ini. Silakan unduh dengan cara berikut:

  1. Masuk ke App Store di perangkat iOS.
  2. Tekan ikon profil di kanan atas layar.
  3. Tekan bagian Purchased.
  4. Gunakan kata pencarian PeduliLindungi lalu tekan download.
Alternatif cara lain adalah unduh PeduliLindungi lewat tautan berikut ini yang langsung ke App Store.

Dikutip dari bagian deskripsi aplikasi, PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (COVID–19). Mengandalkan kepedulian serta partisipasi masyarakat untuk saling jaga dan meminimalisir resiko penyebaran COVID–19.

Di dalam aplikasi PeduliLindungi, kamu akan menemukan fitur berupa data sertifikat vaksin pengguna, hasil tes COVID–19, fitur EHAC dan beberapa informasi lainnya seputar COVID–19 di Indonesia.

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular