Apple Siapkan iPhone 14 Format eSIM Only, Dijual di Negara Mana?

Rabu, 20 Juli 2022 | 09:59
MakeMac

iPhone 13 Pro

Mulai dari perangkat iPhone Xs, Apple telah membawa teknolog eSIM untuk perangkat iPhone.

eSIM alias embedded SIM Card adalah teknologi nomor seluler tanpa kartu fisik yang memudahkan kamu untuk memiliki beberapa nomor di sebuah perangkat iPhone dan tidak perlu penggantian kartu secara fisik.

Sejak iPhone Xs, Apple menggunakan sistem dual SIM yaitu Nano SIM dan eSIM untuk semua tipe perangkat iPhone hingga tahun ini.

Dikabarkan untuk iPhone 14, Apple akan menggunakan sistem eSIM Only atau perangkat iPhone yang tidak menggunakan kartu fisik sama sekali.

Bagi kamu yang belum tahu, perangkat iPhone 13 series sudah mendukung mode Dual eSIM. Itu artinya kamu bisa menggunakan dua nomor dengan sistem eSIM sekaligus.

Produk iPhone 14 series dengan eSIM only akan dijual di beberapa negara saja karena belum semua negara siap dengan teknologi ini.

Dikutip dari GSM Arena, Apple telah memberikan penjelasan mengenai hal ini kepada semua operator seluler di Amerika Serikat.

Selain Amerika Serikat, belum ada penjelasan mengenai negara lain yang juga akan kebagian tipe produk baru ini.

Baca Juga: iOS 16 Mendukung Fitur Transfer eSIM Antar iPhone dengan Bluetooth

eSIM Smartfren

Apa alasannya dari penggunaan sistem eSIM only di iPhone 14?

Diprediksi alasannya adalah Apple ingin menambah ruang kosong di perangkat iPhone 14 untuk digunakan dengan komponen lain.

Masalah keamanan data dan memberikan update oleh operator juga diklaim lebih mudah jika menggunakan teknologi ini.

Apple has already reportedly notified several major US carriers to prepare for its eSIM-only iPhone models set to arrive this Fall. The major advantage of removing the SIM slot on a phone is that it frees up scarce physical space inside the phone which can be utilized for other components. Security is another aspect that will benefit users as telecoms can send out security updates to millions of users simultaneously.

Selain alasan di atas, eSIM sudah diadopsi oleh banyak negara mulai dari daratan Eropa dan Asia. Di Amerika Serikat, teknologi eSIM sudah digunakan oleh 3 operator besar dan bahkan sudah mendukung eSIM untuk Apple Watch.

Sayangnya di Indonesia, baru ada operator Smartfren saja yang mendukung eSIM. Operator paling besar yaitu Telkomsel sampai saat ini masih belum berencana membuat eSIM dalam waktu dekat.

Editor : Bagus Hernawan