Pabrik iPhone di Tiongkok Lockdown Selama Sepekan, Produksi Mundur?

Selasa, 26 Juli 2022 | 09:49
Apple

Pabrik iPhone di Tiongkok Lockdown Selama Sepekan

Dalam 2 bulan mendatang, Apple akan segera merilis iPhone 14 series sebagai seri iPhone terbaru di tahun 2022.

Menjelang penjualan resmi, para penyuplai dan pabrikan di Tiongkok sedang bersiap melakukan produksi dan perakitan produk iPhone 14 di beragam lokasi.

Kabar terbaru dari kota Shenzhen, Tiongkok Selatan, menyebutkan bahwa sebuah pabrik perakitan iPhoen dipaksa melakukan lockdown lokal.

Kegiatan ini diperintahkan oleh pemerintah Tiongkok bersama dengan 100 lebih perusahaan lain. Tujuannya adalah mengurangi kemungkinan penyebaran COVID–19 di lingkungan pabrik yang dapat menyebabkan gangguan pada produksi perangkat elektronik.

Penjelasan dari lockdown lokal adalah akses ke pabrik perakitan hanya berlaku untuk karyawan yang tinggal di lokasi saja yang dapat bekerja.

Itu artinya akses dari luar dilarang masuk ke pabrik sama sekai. Peraturan lockdown lokal ini berlaku selama 7 hari untuk setiap pabrikan.

Baca Juga: Cegah Kelangkaan, Apple Tambah Daftar Pemasok untuk Produksi iPhone 14

Dikutip dari MacRumors, meskipun ada lockdown di pabrik, juru bicara Foxconn mengatakan bahwa operasional di pabrik tetap normal.

Pabrik Foxconn di Shenzhen adalah yang terbesar kedua setelah Zhengzhou, Cina.

Jadwal produksi iPhone 14 series akan segera dilakukan dalam beberapa minggu lagi. Diharapkan aturan ini tidak membuat produksi tersebut mengalami kendala atau penundaan.

Mundur ke tahun 2020, hal serupa pernah terjadi di pabrikan Foxconn karena pandemi COVID–19.

Penguncian pabrik karena mencegah penyebaran virus ini sempat terjadi beberapa pekan sebelum perangkat iPhone 12 harus diproduksi.

Hal ini berakibat pada penjualan iPhone 12 yang harus mundur ke bulan Oktober alias telat sebulan dari jadwal biasanya di September.

Editor : Bagus Hernawan