Foxconn Siapkan Fasilitas Produksi Baru untuk iPhone di India

Jumat, 05 Agustus 2022 | 09:32
Apple

Foxconn Siapkan Fasilitas Produksi Baru untuk iPhone

Pemasok terbesar untuk produksi iPhone yaitu Foxconn punya berita baru yang wajib diketahui Apple Fanboy.

Kabarnya Foxconn sedang mempersiapkan fasilitas produksi baru untuk perakitan perangkat iPhone di india.

Fasilitas produksi baru alias gedung baru ini berlokasi dekat pabrik sebelumnya yang ada di wilayah Chennai, India.

Dikutip dari MacRumors, Foxconn akan memulai produksi di gedung baru tersebut dalam beberapa bulan setelah selesai melakukan perekrutan karyawan tambahan.

Foxconn is reportedly set to begin production in the new building in just a few months after ramping up hiring in the country in recent weeks, according to the report. The new building is reportedly part of Foxconn’s existing factory near Chennai, India.

Baca Juga: Pengiriman Komponen iPhone 14 Series Mulai Dilakukan, Rilis September?

Sejak awal tahun 2022, Apple telah memperluas produksi iPhone ke wilayah India. Sebelumnya sebagian besar kapasitas produksi perangkat iPhone terbaru selalu dipusatkan ke Tiongkok.

Strategi baru ini dilakukan Apple sebagai upaya diversifikasi rantai pasokan produksi perangkat iPhone.

Fasilitas produksi baru yang dipersiapkan Foxconn ini disebut sebagai komitmen mereka untuk menambah investasi di India dan upaya pemerintah setempat memperkuat pasar lokal.

Bagi kamu yang belum tahu, produksi iPhone telah mengalami kendala yang terus berulang selama beberapa tahun.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti masalah kesehatan global dan konflik geopolitik yang terjadi di sejumlah negara.

Untuk mencegah masalah rantai pasokan terjadi semakin berlarut, Apple menggunakan strategi memindahkan produksi perangkat iPhone ke beberapa negara.

Paling besar masih tetap di Tiongkok, kedua adalah India dan berikutnya di Vietnam. Jadi apabila sebuah negara sedang mengalami masalah dan menyebabkan pabrik tutup atau produksi berkurang, Apple masih bisa melakukan produksi perangkat iPhone di negara lainnya.

Editor : Bagus Hernawan