(Rumor) Harga Berlangganan Netflix dengan Iklan Mulai Rp 100 ribuan

Minggu, 28 Agustus 2022 | 18:32
MakeMac

Netflix

Netflix telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan bakal akan menyediakan opsi berlangganan murah dengan iklan.

Bulan Juli lalu, Netflix mengumumkanbahwa mereka akan dibantu Microsoft sebagai sales partner dan penyedia teknologi iklan yang akan digunakan.

Nantinya konsumen bisa memilih harga langganan yang lebih rendah namun dengan kehadiran iklan di aplikasi.

Baca Juga: (Rumor) Apple Akan Tampilkan Iklan di Aplikasi Maps Mulai Tahun Depan

Berdasarkan bocoran terbaru, Netflix akan membanderol harga langganan dengan iklan 50% lebih murah daripada harga berlangganan standar.

Bocoran dari Bloomberg menyebutkan bahwa Netflix akan membanderol paket berlangganan dengan iklan mulai dariUSD 7 atau sekitar Rp 100 ribu.

Bloomberg menyebutkan, pengguna akan melihat iklan singkat dalam paket berlangganan tersebut.

Pemilihan iklan singkat ini ditujukan agar pengalaman pengguna saat menonton film tak terganggu oleh iklan.

Baca Juga: Netflix Coba Fitur Password Sharing dengan Harga Langganan Tambahan

Sebagai informasi paket berlangganan Netflix di Indonesia mulai dari Rp 54 ribu.

Harga langganan di Indonesia cukup murah karena dibatasi oleh aksesibilitas, kualitas resolusi film, dll.

Jika pengguna berlangganan paket Netflix dengan iklan, pengguna kemungkinan akan mendapat akses penuh dengan harga yang lebih murah.

Bloomberg mencatat bahwa Netflix masih mencoba untuk menyeimbangkan harga dengan hati-hati.

Mereka tentu tak ingin mengecewakan pengguna ataupun pihak pengiklan.

Baca Juga: Netflix Dibantu Microsoft, Rilis Langganan Murah dengan Iklan

Perlu diketahui, 19 April lalu, CEO Netflix Reed Hastings mengatakan bahwa Netflixakan mempertimbangkan pilihanuntuk menawarkan harga berlangganan yang lebih rendah dengan iklan.

Hastings mengungkapkan pernyataan tersebut dalam laporan pendapatan Netflix di Q1 2022.

Hastings mengakui bahwa memperkenalkan konten yang didukung iklan akan menjadi perbahan besardari segi mindset untuk perusahaan.

Secara historis, Netflix teguh melawan kerumitan dunia periklanan digital dan merupakan penggemar berat kesederhanaan berlangganan.

Setelah bertahun-tahun menolak menghadirkan iklan, Neflix kini memutuskan bersedia untuk menghadirkan iklan di platformnya.

Baca Juga: Netflix Resmi Umumkan Kehadiran Fitur 'Mystery Box', ini Fungsinya!

Hastings mengungkapkan gagasan tentang iklan di Netflix karena mendengar permintaan konsumen yang ingin mendapatkan harga berlangganan yang lebih rendah.

Ia merasa bahwa Netflix harus lebih toleran terhadap iklan jika ingin mewujudkan permintaan konsumen.

Netflix sendiri juga berusaha mati-matian untuk mewujudkan keinginan pelanggan setianya karena mereka telah kehilangan banyak pelanggan di Q1 2022.

Tak main-main, Netflix kehilangan 200.000 pelanggan secara global. Angka ini menjadi yang terbesar bagi Netflix dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: Netflix Resmi Umumkan Kehadiran Fitur 'Mystery Box', ini Fungsinya!

Netflix banyak kehilangan pelanggannya karena persaingan di industri streaming film/serial tv yang semakin ketat.

Pesaing seperti Hulu, Peacock, dan HBO Max menawarkan paket yang memungkinkan konsumen membayar lebih sedikit dengan adanya iklan di dalam platform.

Bagaimana pendapat soba MakeMac terkait harga berlangganan Netflix dengan ikaln tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!

(*)

Editor : Bagus Hernawan