Apple Kena Denda dan Dilarang Jual iPhone Tanpa Charger di Brasil

Rabu, 07 September 2022 | 08:12
Apple

iPhone 13 Pro Brasil

Sejak perangkat iPhone 12 series diluncurkan, Apple berhenti memberikan power adapter alis charger dalam kemasan penjualan iPhone.

Hal ini mendapatkan tentangan dari banyak negara dan pemerintahan, salah satunya Brasil.

Pemerintah Brasil kabarnya baru saja meminta Apple membayar denda sebesar $2,38 juta untuk keputusan mereka yang tidak memberikan charger dalam box iPhone.

The Justice Ministry fined Apple 12.275 million reais ($2.38 million) and ordered the company to cancel sales of the iPhone 12 and newer models, in addition to suspending the sale of any iPhone model that does not come with a charger.

Kementerian Kehakiman di Brasil juga memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan iPhone 12 atau yang lebih baru atau tipe iPhone apapun yang tidak dilengkapi dengan pengisi daya.

Baca Juga: Apple Rilis Power Adapter 35W dengan 2 Port USB-C

Kementerian tersebut berpendapat bahwa iPhone yang tidak dilengkapi charger termasuk dalam tindakan “praktik diskriminatif yang disengaja terhadap konsumen”.

Masih dari laman sumber, pihak kementerian terkait mengatakan bahwa mereka menolak argumen yang diberikan Apple.

Yaitu menghapus charger dalam paket penjualan dengan tujuan mengurangi emisi karbon.

Namun pemerintah Brasil mengatakan bahwa mereka tidak menemukan bukti bahwa menjual smartphone tanpa charger, dapat menawarkan perlindungan lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga: Apple Dilaporkan Beli Emas Ilegal dari Brasil, Ini Tanggapan Apple

Apple mengatakan bahwa mereka akan terus bekerja dengan agen perlindungan konsumen Brasil SENACON untuk mengatasi tuntutan tersebut.

Pihak Apple juga kabarnya sudah menyatakan banding untuk putusan yang diberikan.

“Kami telah memenangkan beberapa putusan pengadilan di Brasil tentang masalah ini dan kami yakin bahwa pelanggan kami mengetahui berbagai opsi untuk mengisi daya dan menghubungkan perangkat mereka,” kata Apple.

Dikutip dari Bloomberg, Apple memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai alasan mereka menghapus charger dalam kemasan iPhone dalam upaya mengurangi emisi karbon.

Menurut Apple, aksesoris charger menyumbang mewakili penggunaan seng dan plastik terbesar dalam produk yang mereka buat.

Dengan menghapus charger dalam kotak kemasan iPhone, sama saja dengan membantu mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon. Emisi ini setara dengan menghilangkan 500 ribu mobil dari jalan setiap tahun.

Bagaimana pendapat kamu mengenai charger di kemasan iPhone yang sudah dihapus sejak tahun 2020? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan