Terungkap, Semua Tipe iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Gunakan Spek 6GB RAM

Jumat, 09 September 2022 | 10:34
Apple

iPhone 14 Pro

Apple telah mengenalkan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max di Apple Event September.

Salah satu spek hardware dari iPhone yang tidak pernah dijelaskan Apple adalah kapasitas memori acak alias RAM dari perangkat gadget tersebut.

Namun dari catatan terbaru di MacRumors, spek RAM di iPhone 14 series dapat ditemukan lewat cara rahasia.

Cara rahasia yang dimaksud adalah detail dokumen di aplikasi Xcode 14 beta.

Dari catatan di Xcode 14 beta, terungkap bahwa semua iPhone 14 series menggunakan spek 6GB RAM.

Sebelumnya di iPhone 13 series, hanya tipe iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max saja yang menggunakan 6GB RAM. Sedangkan iPhone 13 dan iPhone 13 mini hanya menggunakan 4GB RAM.

Baca Juga: Hello iPhone 14 dan iPhone 14 Plus! Bodi Besar, Kamera Baru dan Koneksi Satelit

Laman sumber menjelaskan bahwa dokumen dari Xcode beta sebelumnya juga memberikan catatan akurat untuk spek RAM di iPhone 13 series tahun lalu.

The latest Xcode 14 beta contains files showing that the iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, and iPhone 14 Pro Max are each equipped with 6GB of RAM.

Masih dari laman sumber, beberapa bulan lalu analis Ming-Chi Kuo menjelaskan bahwa iPhone 14 series akan menggunakan tipe RAM yang lebih kencang yaitu LPDDR5. Sedangkan di iPhone 13 series tahun lalu menggunakan tipe LPDDR4X.

Sayangnya untuk membuktikan analisis tersebut, harus melalui proses bongkar perangkat iPhone secara langsung karena detail catatannya tidak ada ada di aplikasi Xcode.

RAM alias Random Access Memory adalah salah satu komponen utama dari perangkat komputer atau gadget elektronik yang menggunakan CPU.

Tugas RAM adalah menulis dan membaca data sementara yang akan digunakan dan berpengaruh terhadap kemampuan multitasking.

Semakin besar RAM yang digunakan komputer atau gadget, semakin cepat pula proses perintah operasi dapat dikerjakan atau dilakukan secara bersamaan.

Contoh proses yang menggunakan RAM dengan ukuran besar di perangkat iOS adalah saat bermain games dengan grafis tinggi, merekam video dengan resolusi 4K atau melakukan kegiatan multitasking pada perangkat iPad.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya