15 Fitur Tersembunyi di Update iOS 16: Face ID Hingga Hapus Kontak

Kamis, 13 Juli 2023 | 16:36
MakeMac

15 Fitur Tersembunyi di Update iOS 16

Makemac - Apakah kamu sudah instal update iOS 16 di perangkat iPhone? Pasti menemukan banyak fitur baru yang menarik ya!

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membagikan sejumlah fitur tersembunyi di update iOS 16 yang wajib banget untuk segera kamu cobain!

Total ada 15 fitur di update iOS 16 yang tim MakeMac rangkum di artikel ini dan mungkin beberapa diantaranya belum sempat kamu temukan dan cobain. Yuk cek langsung!

Fitur Tersembunyi di Update iOS 16

1. Face ID Landscape Mode

Fitur Face ID di update iOS 16 dapat digunakan dengan mode landscape alias ketika kamu menggunakan perangkat iPhone dengan mode mendatar.

Dengan Face ID di mode mendatar, misalkan kamu sedang menonton film dan tidak sengaja mengunci layar, maka tidak perlu berpindah ke mode layar tegak untuk membuka kuncian dengan sensor biometrik deteksi wajah.

Sebagai catatan, fitur landscape Face ID di update iOS 16 ini hanya mendukung iPhone 13 series atau yang lebih baru.

2. Keyboard Haptics

MakeMac
MakeMac

Keyboard Haptic di update iOS 15

Pengaturan baru dan rahasia lainnya di update iOS 16 adalah Keyboard Haptics.

Fitur ini akan membuat layar di perangkat iPhone memberikan efek getaran setelah kamu menekan tuts keyboard virtual setiap mengetik.

Sebelumnya fitur haptic keyboard di iOS hanya dapat kamu temukan dengan aplikasi keyboard pihak ketiga. Namun sekarang Apple membawa fitur ini dengan keyboard bawaan.

Cara aktifkan Keyboard Haptics di iOS 16 yaitu dari bagian Settings - Sound & Haptics - Keyboard Feedback - Haptic ON.

3. Melihat Password Wi-Fi

MakeMac
MakeMac

Melihat password Wi-Fi di update iOS 16

Fitur kecil dan menarik lainnya di update iOS 16 adalah kamu bisa melihat password Wi-Fi di jaringan yang sedang diikuti dengan mudah.

Contoh penggunaan fitur ini adalah membagikan kode password Wi-Fi kepada pengguna ponsel Android di sekitar kamu atau salin dan kirim kode password tersebut lewat aplikasi chatting.

Cara menemukan fitur ini juga sangat mudah. Saat kamu sudah tergabung di sebuah jaringan Wi-Fi, silakan masuk ke Settings - Wi-Fi, tekan ikon i di bagian kanan atas layar.

Setelah itu di bagian bawah akan terlihat list password. Tekan tahan untuk copy lalu gunakan sesuai kebutuhan.

4. AirPods di Bagian Atas Settings

Fitur baru lainnya di update iOS 16 adalah pengaturan untuk perangkat AirPods yang sedang terhubung.

Jadi ketika kamu sedang menghubungkan AirPods ke perangkat iPhone yang sudah melakukan update iOS 16, pengaturan untuk perangkat ini akan tampil di bagian paling atas aplikasi Settings. Tepatnya di atas pengaturan AirPlane Mode.

Fitur ini dibuat untuk memudahkan kamu menemukan pengaturan ke AirPods yang diperlukan, sehingga tidak perlu masuk lagi ke bagian pengaturan Bluetooth.

5. Copy Paste Edit Photo

MakeMac
MakeMac

Copy Paste Edits Photo di update iOS 16

Lanjut ke aplikasi Photos di update iOS 16 ya! Sekarang di iOS 16 kamu bisa melakukan editing pada sebuah gambar dan menyalin formula editing tersebut, untuk digunakan ke foto lain dengan cepat dan mudah.

Fitur ini biasa dinamakan batch editing dan cocok sekali untuk sejumlah foto yang diambil pada tempat yang sama untuk membuat efek editing gambar menjadi lebih seragam.

Cara menggunakan fitur Copy Paste Edit Photo adalah pertama pastikan kamu mengedit gambar dengan mode Edit bawaan di aplikasi Photos. Setelah selesai dan tersimpan, tekan ikon titik 3 horisontal di kanan atas layar lalu pilih Copy Edits.

Kemudian cari gambar lainnya dan lakukan hal yang sama, bedanya tombol yang ditekan adalah Paste Edits.

Fitur Copy Edit dapat digunakan untuk Paste Edit ke sebuah foto atau beberapa foto sekaligus dengan cepat lewat.

6. Visual LookUp: Salin Foto Tanpa Latar Belakang

MakeMac
MakeMac

Visual LookUp Photos Update iOS 16

Fitur baru yang sangat menarik di Photos pada update iOS 16 adalah Visual LookUp. Fitur ini berguna untuk mengambil objek utama di gambar dan paste ke aplikasi lain.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengambil alias copy objek foto utama dari sebuah gambar (manusia, burung, serangga, patung, dan lainnya) untuk ditempel (paste) ke aplikasi lainnya tanpa membawa gambar latar belakangnya.

Fitur ini hanya mendukung perangkat iPhone dengan chipset A12 Bionic atau lebih baru yaitu mulai dari iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR atau yang lebih baru.

Baca Juga:5 Persiapan Wajib Dilakukan Sebelum Download Update iOS 16 di iPhone

7. Kunci Hidden Album dengan Face ID

MakeMac
MakeMac

Hidden Album dengan Face ID di update iOS 16

Akses ke Hidden Album dan Recently Deleted kini dapat dikunci dengan Face ID (atau Touch ID di iPhone yang menggunakan Home Button) atau Passcode Lock.

Pengaturan ini aktif sebagai standar di iOS 16, namun jika ingin dimatikan bisa akses ke aplikasi Settings - Photos - Use Face ID.

8. Hapus Foto Duplikat

MakeMac
MakeMac

Album foto duplikat di update iOS 16

Fitur tersembunyi lainnya di update iOS 16 adalah album foto terduplikat.

Dengan fitur ini, semua foto yang ada di aplikasi Photos dan punya duplikat akan dikumpulkan menjadi satu album.

Fitur ini dapat diakses pada aplikasi Photos - Albums lalu scroll ke bagian paling bawah dan temukan list Duplicates.

Di halaman tersebut kamu akan menemukan daftar foto terduplikasi yang disimpan pada Camera Roll dan bisa tekan Merge untuk menggabungkan foto.

Apple menjelaskan bahwa fitur Merge ini akan mengkombinasikan data yang relevan seperti caption, keywords dan tanda favorites yang mungkin sudah kamu berikan, menjadi dalam sebuah foto kualitas paling tinggi.

Album-album yang mengandung foto dengan konten duplikasi ini juga akan mendapatkan update dengan hasil penggabungan.

Fitur ini mungkin belum akan kamu temukan jika baru saja melakukan update iOS 16. Dari pengalaman MakeMac mencoba iOS 16 Beta, album foto duplikat akan dibuat secara otomatis setelah beberapa jam usai update iOS 16 selesai, karena proses scanning yang sedikit memakan waktu.

9. Pin Safari Tab

MakeMac
MakeMac

Pin Tab Safari iOS 16

Safari di update iOS 16 membawa beberapa fitur yang sebelumnya sudah dibuat Apple pada Safari untuk macOS.

Salah satu fitur menarik yang diberikan adalah Pin Tab. Dengan Pin Tab, kamu bisa meletakkan halaman web yang paling sering diakses pada bagian paling atas layar untuk lebih mudah ditemukan.

Baca Juga:Cara Menonaktifkan Sinkronisasi Aplikasi Notes Ke iCloud Di iOS 16

Cara gunakan fitur ini adalah buka Safari dan akses web favorit kamu, lalu akses mode buka tab seperti di gambar. Lanjutkan dengan tekan tahan salah satu tab kemudian pilih Pin Tab.

10. Control Timer di Lock Screen

MakeMac
MakeMac

Timer di Lock Screen iOS 16

Untuk kamu yang sering menggunakan fitur Timer dan ingin segera mematikan sebelum waktu hitung mundur selesai, sekarang hal ini dapat dilakukan dengan lebih mudah di update iOS 16.

Ya, ini karena sekarang fitur Timer di iOS 16 dapat menampilkan detail waktu hitungan dan tombol Pause serta Cancel, lengkap dengan angka Timer menggunakan ukuran teks yang besar di Lock Screen.

11. Quick Notes dari Share Sheet dan Control Center

MakeMac
MakeMac

Quick Note di iOS 16

Fitur untuk membuat catatan cepat di iPad, kini juga dibawa Apple pada update iOS 16 untuk perangkat iPhone.

Bedanya fitur ini menggunakan mode Share Sheet dan dapat dipanggil lewat aplikasi apapun yang sedang kamu buka dan mendukung mode Share Sheer.

Contohnya ketika sedang membuka Safari, silakan tekan ikon Share Sheer (kotak dengan panah vertikal ke atas), lalu cari action bernama Add to Quick Note.

Selain lewat Share Sheet, kamu juga bisa membuka Quick Note dari mode Control Center.

Tambahkan dulu Quick Note ke Control Center dengan cara akses di pengaturan pada bagian Settings - Control Center - Quick Note.

12. Lock Notes dengan Passcode iPhone

MakeMac
MakeMac

Lock Note dengan Passcode iPhone di iOS 16

Sering menggunakan fitur kunci catatan atau Lock Notes di apliaksi Notes bawaan? Selama ini kamu harus mengatur passcode sendiri untuk kode keamanan di Lock Notes.

Namun sekarang di update iOS 16, kamu bisa mengunci catatan dengan kode Passoce Lock yang digunakan untuk perangkat iPhone tersebut atau identifikasi biometrik Face ID yang digunakan iPhone.

13. Konversi Mata Uang dengan Kamera Live Text

MakeMac
MakeMac

Live Text untuk konversi mata uang di iOS 16

Fitur Live Text di update iOS 16 kini mendukung mode pemindaian nominal mata uang dan langsung konversi ke mata uang yang kamu gunakan.

Dengan mode ini, kamu bisa mengarahkan kamera iPhone ke poster atau halaman website dengan informasi daftar harga yang ingin diketahui, lalu gunakan Live Text yang secara otomatis melakukan konversi mata uang. Berikut ini tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Camera, arahkan kamera ke teks mata uang asing.
  2. Tekan ikon scanning di kanan bawah layar.
  3. Setelah terbaca, tekan ikon konversi di kiri bawah layar.

14. 2 Cara Akses Spotlight di Home Screen

MakeMac
MakeMac

Spotlight di Home Screen iOS 16

Fitur Spotlight dapat kamu akses di Home Screen perangkat yang sudah melakukan update iOS 16 dengan 2 cara.

Pertama seperti biasa, yaitu dari bagian atas layar lalu tarik ke bawah.

Cara kedua yaitu baru tersedia di update iOS 16 adalah dari indikator jumlah halaman di Home Screen yang diubah menjadi tombol Search.

Untuk aktifkan fitur ini, silakan masuk ke Settings - Home Screen - Searh Show on Home Screen ON.

15. Hapus Kontak Tap and Hold

MakeMac
MakeMac

Cara hapus kontak di iOS 16

Sering scrolling di aplikasi Contacts dan menemukan daftar kontak yang ingin dihapus tetapi merasa terlalu ribet?

Tenang, di update iOS 16 sekarang kamu bisa menghapus kontak dengan mudah dan cepat!

Yaitu cukup menggunakan metode tekan dan tahan. Caranya adalah buka aplikasi kontak, cari daftar kontak yang ingin kamu hapus kemudian lakukan gestur tekan dan tahan. Terahir tinggal pilih Delete Contact dan lakukan konfirmasi akhir.

Fitur Baru iOS 16 Favorit Kamu?

Dari 15 fitur baru dalam update iOS 16 yang tim MakeMac bahas di atas, mana yang paling menarik dan bakal sering kamu gunakan?

Atau mungkin kamu punya fitur tersembunyi lainnya yang ada di update iOS 16? Bagikan tips iOS 16 yang kamu temukan ke Twitter atau Instagram MakeMac yuk!

Baca Juga:Cara Melihat Password WiFi di iPhone dan iPad iOS 16, Gampang Banget!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya