Teardown Ungkap iPhone 14 Pro Punya RAM LPDDR5 yang Lebih Kencang

Minggu, 18 September 2022 | 18:02
Apple

Tampilan Depan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Apple telah menjual iPhone 14 Pro series sejak 16 September lalu.

Saat ini, beberapa Apple Fanboy di berbagai belahan dunia telah mendapatkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max pesanan mereka.

Bersamaan dengan momen penjualan iPhone 14 Pro, beberapa Youtuber juga merilis hasil teardown iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Hasil teardown iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menunjukan berbagai spesifikasi teknis yang dirahasiakan oleh Apple sebelumnya.

Baca Juga: Daftar Harga iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Series di Singapura

Channel Youtube WekiHome dari China mengungkap bahwa iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menguusung RAM LPDDR5 yang lebih kencang dan irit baterai dibandingkan dengan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Sebagai informasi, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max menggunakan RAM LPDDR4X kelas atas bersama dengan chip A15 Bionic.

Hasil teardown juga menunjukan bahwa iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max masih mengusung kapasitas RAM yang sama yaitu 6GB.

Penggunaan LPDDR5 di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ini tak begitu mengejutkan karena telah diprediksi oleh analis Apple, Ming-Chi Kuo.

beberapa bulan lalu analis Ming-Chi Kuo menjelaskan bahwa iPhone 14 series akan menggunakan tipe RAM yang lebih kencang yaitu LPDDR5. Sedangkan di iPhone 13 series tahun lalu menggunakan tipe LPDDR4X.

Baca Juga: Terungkap, Semua Tipe iPhone 14 dan iPhone 14 Pro Gunakan Spek 6GB RAM

Berbeda dengan seri Pro, iPhone 14 standar dan iPhone 14 Plus diprediksi masih menampilkan RAM LPDDR4X 6GB.

Artinya, iPhone 14 dan iPHone 14 Plus masih mengusung teknologi RAM iPhone 13 Pro.

Bagi yang belum tahu, RAM atau Randow Access Memory merupakan komponen penting smartphone, laptop, dan PC yang mempengaruhi performa.

Tugas RAM adalah menulis dan membaca data sementara yang akan digunakan dan berpengaruh terhadap kemampuanmultitasking.

Semakin besar RAM yang digunakan komputer atau gadget, semakin cepat pula proses perintah operasi dapat dikerjakan atau dilakukan secara bersamaan.

Contoh proses yang menggunakan RAM dengan ukuran besar di perangkat iOS adalah saat bermain games dengan grafis tinggi, merekam video dengan resolusi 4K atau melakukan kegiatanmultitaskingpada perangkat iPad.

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya