Apple dalam waktu dekat ini akan menampilkan lebih banyak iklan pada tab Today App Store tanggal 25 Oktober 2022.
Sebenarnya, hal ini telah mereka komunikasikan sejak minggu lalu dengan menghubungi para pengembang.
Dilansir dari MacRumors, perusahaan telah menyatakan bahwaiklan akan lebih banyak muncul di berbagai negara kecuali China. (22/10/2022)
Nantinya, semua iklan di App Store memiliki latar belakang biru dan juga ikon "Iklan".
Sebagian besar bagian pada App Store akan terdapat iklan seperti "You May Also Like" dibawah listing aplikasi individual.
Nantinya aplikasi yang diiklankan akan hadir dalam bentuk sugesti iklan seperti gambar di bawah ini.
Baca Juga: Waspada! 10 Aplikasi App Store Ini Berisi Spam Iklan, Wajib Uninstall
Dalam websitenya, Apple mengatakan bahwa para developer akan mendapatdiberikan opsi iklan barudi halaman App Store.
"Dengan adanya tab Today, aplikasi anda dapat muncul dengan jelas di halaman depan App Store, menjadikannya konten pertama yang dilihat pengguna saat mereka memasuki App Store." Tulis Apple.
Hal ini menandakan pertama kalinya para pengembang dapat menjalankan iklan di tab Today App Store.
Namun kini mereka dapat dengan mudah mempromosikan aplikasi mereka di halaman aplikasi lain secara berbayar.
Baca Juga: Pengguna iOS 16 Beta Keluhkan Error Aplikasi Tokopedia dan BRI Mobile
Seorang ahli hukum, Florian Mueller beropini bahwa ini adalah cara agar Apple tetap mendapat pemasukan dari pajak iklannya.
"Ini adalah cara lain untuk meningkatkan pajak aplikasi yang efektif," ucap Mueller.
"(Apple) memaksa pengembang untuk membeli iklan di halam aplikasi mereka sendir agar pelanggan mereka tidak berkurang. " Pungkasnya.
Awalnya,iklan pada App Store hanya terbatas pada hasil penelusuran berdasarkan kata kunci dan bagian tab Search mereka.
Dengan adanya iklan di tab Today dan adanya "You Might Also Like" pada App Store, maka Apple kini memiliki sebanyak 4 opsi iklan.
Baca Juga: Peneliti Keamanan Laporkan Aplikasi Palsu Berisi Malware di App Store
Sebenarnya, Apple sendiri telah mengumuman recana perluasan iklan ini semenjak bulan Juli.
Sebulan setelanya, analis Mark Gurman mengatakan bahwa Apple menargetkan penghasilan iklan tiga kali lebih besar.
Di masa depan, perusahaan menginginkan penghasilan setidaknya sebanyak 10 juta dolar per tahun.
Kemungkinan, inilah yang menjadi motif utama Apple untuk memperbanyak iklan pada App Store.
Jangan lupa persiapkan diri kalian juga ya sobat MakeMac dengan iklan yang semakin banyak di App Store.
Tentunya, sangat menarik untuk melihat langkah Apple selanjutnya dalam menambah pundi-pundi dolar mereka.
Baca Juga: Apple Tambah Slot Iklan di Homepage dan Halaman Produk App Store
Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan informasi seputar Apple lainnya, pantengin terus MakeMac ya!
(*)