Produksi iPhone 14 Pro Turun Drastis, Efek Protes Buruh Pabrik!

Rabu, 30 November 2022 | 13:14
YouTuber Cupu

iPhone 14 Pro di Apple Orchard

Perangkat iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sedang mengalami masalah kelangkaan sejak beberapa pekan ini.

Apple sebelumnya telah memberikan pengumuman mengenai hal ini. Dijelaskan bahwa produksi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengalami kendala akibat kasus COVID–19 di pabrikan Apple yang berlokasi di Zhengzhou, Tiongkok yang mengakibatkan protes para buruh pabrik.

Analis Ming Chi Kuo menjelaskan bahwa jumlah pengiriman untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan menurun sekitar 15–20 juta unit pada kuartal 4 tahun 2022.

Itu artinya Apple hanya akan mampu mengirimkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dengan total sekitar 70–75 juta unit dari prediksi sebelumnya.

The total iPhone 14 Pro and 14 Pro Max shipments in 4Q22 will be 15–20 million units less than expected.

Baca Juga: Buntut Kerusuhan Karyawan Foxconn, iPhone 14 Pro Terancam Langka!

Analis ini juga menjelaskan bahwa kapasitas produksi di pabrik Apple lokasi Zhengzhou masih belum optimal hingga akhir Desember mendatang.

Kuo memprediksi bahwa kapasitas produksi pabrik iPhone di Zhengzhou pada Desember nanti baru akan meningkat ke kisaran 30% hingga 40%.

Di bulan November akibat masalah lockdown di pabrik, kapasitas produksi pabrik hanya di kisaran 20% saja.

The average capacity utilization rate of Zhengzhou iPhone plant was only about 20% in November, and it’s expected to improve to 30–40% in December.

Baca Juga: Apple Pindahkan Produksi iPhone dan Mac ke Luar China, Butuh 5 Tahun Lebih!

Efek jangka panjang dari masalah ini juga bisa terjadi pada Foxconn, perakit utama perangkat iPhone yang dipilih oleh Apple.

Kuo mengatakan bahwa selain menghadapi tantangan pengiriman/ pendapatan iPhone yang lebih rendah dari perkiraan pada 4Q22, Foxconn bisa kehilangan predikat sebagai perakit eksklusif seri iPhone 15 Pro tahun depan.

“Saya percaya bahwa sebagian besar permintaan untuk seri iPhone 14 Pro 4Q22 di tengah resesi ekonomi akan hilang, karena kesenjangan pasokan dan permintaan yang signifikan.”, menurut Kuo dalam laporan analisis terbaru yang dia bagikan.

Dari pantauan tim MakeMac di web Apple.com regional Amerika Serikat dan Singapura, waktu tunggu pemesanan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memang saat ini sangat lama.

Yaitu paling cepat adalah 4 minggu. Itu artinya jika kamu ingin membeli iPhone 14 Pro series untuk hadiah Natal atau tahun baru, sekarang sudah terlambat alias kamu baru akan mendapatkan produk tersebut awal tahun depan.

Editor : Bagus Hernawan