Inilah Penyebab Aplikasi iPhone dan iPad Sering Keluar Sendiri

Senin, 17 Juli 2023 | 11:59

Aplikasi dan layanan Apple di perangkat iPhone X

Makemac - Kamu menjalankan sebuah aplikasi yang sudah digunakan selama beberapa bulan tanpa masalah.

Suatu malam, tiba-tiba aplikasi tersebut tutup tanpa meninggalkan alasan yang jelas. Kamu berusaha menjalankan aplikasi tersebut dan ia tetap tutup sendiri.

Sebenarnya apa yang baru saja terjadi?

Penyebab Aplikasi iPhone dan iPad Keluar Sendiri

Ada beberapa alasan sebuah aplikasi suka keluar sendiri. Mari kita lihat satu per satu dari yang paling mudah diperbaiki sampai ke yang paling memakan waktu.

1. Pengaturan Yang Corrupted

Pengaturan yang corrupted atau rusak adalah penyebab umum mengapa sebuah aplikasi suka crash dan keluar sendiri.

Setiap aplikasi selalu menyimpan data pengguna di dalam aplikasi itu sendiri (bahkan sebelum disimpan ke layanan online).

Dari waktu ke waktu, data tersebut mungkin saja mengalami perubahan karena beberapa faktor luar, misalnya pada saat update aplikasi.

Solusi: Kalau aplikasi yang kamu gunakan tidak menyimpan data secara lokal, misalnya Twitter dan Instagram, maka cukup unduh dan pasang ulang aplikasi yang bermasalah dari App Store. Kemungkinan besar aplikasi akan berjalan kembali menjadi normal.

2. Kesalahan Saat Update Aplikasi

Apabila masalah tersebut muncul setelah kamu memasang update terbaru dari developer, maka kemungkinan besar ada yang salah dengan versi terbaru.

Hal ini sering sekali terjadi berhubung setiap pengguna menggunakan perangkat dan menyimpan data yang berbeda.

Solusi: Hubungi developer secara langsung melalui situs mereka dengan menjelaskan masalah yang kamu hadapi.

Kamu juga dapat melihat akun social media atau blog developer untuk mendapatkan penjelasan dari mereka secara langsung.

Developer yang menyadari kesalahan update biasanya akan memberitahukan penggunanya secara langsung.

Baca Juga: 5 Aplikasi Penyedia Wallpaper Terbaik untuk iPhone dan iPad

3. Kompabilitas iOS

Ada beberapa kasus di mana aplikasi dengan versi yang sama bekerja secara berbeda di iOS versi yang berbeda.

Misalnya temanmu dapat menggunakan Twitter di iOS 6.1.3 dengan lancar, sedangkan kamu yang menggunakan iOS 6.1.1 mengalami crash melulu.

Solusi: Perbaharui iOS ke versi terbaru yang masih didukung oleh iPhone atau iPadmu. Developer selalu memastikan aplikasi mereka dapat berjalan lancar pada iOS terbaru.

Dengan mengikuti perkembangan iOS, kamu juga bisa memastikan aplikasi-aplikasi terbaru tetap dapat digunakan tanpa kendala.

4. Jailbreak iOS Yang Corrupted

Namanya juga iOS hasil jailbreak, jadi tidak perlu heran lagi kalau sampai bermasalah, apalagi sudah dipasang tweak-tweak yang ga jelas.

Kalau kamu mengalami masalah karena iOS hasil jailbreak, maka solusinya sangat sederhana.

Solusi: Hilangkan jailbreak dan restore iPhone dan iPad menjadi semula. Sampai saat ini, saya masih belum pernah mengalami masalah dengan apliksasi

5. Mesin Yang Kurang Kuat

Kadang-kadang iPhone dan iPad sendiri lah yang menjadi penyebab aplikasi keluar. iOS memiliki cara sendiri untuk memastikan yang namanya hang atau sangkut terjadi.

Setiap aplikasi yang bekerja terlampau semangat akan dimatikan oleh iOS secara otomatis. Hal ini terjadi karena RAM di iPhone dan iPad yang terbatas.

Pemilik iPhone generasi terbaru seharusnya tidak mengalami masalah ini, akan tetapi, untuk yang masih menggunakan iPhone 3GS atau iPad generasi pertama, hal ini cenderung sering terjadi.

Solusi: Beli iPhone/iPad baru.

Kesimpulan

Masalah dengan aplikasi selalu membutuhkan waktu dalam menyelesaikannya. Di satu sisi, developer hanya bisa memastikan aplikasi mereka bekerja berdasarkan skenario yang sudah dipertimbangkan, di sisi lainnya, pengguna selalu saja mempunyai kebiasaan di luar dugaan developer.

Selama kamu tidak melakukan jailbreak secara sembarangan dan memasang iOS terbaru, maka masalah aplikasi yang suka keluar sendiri tidak akan menganggumu.

Baca Juga: 15 Fitur Tersembunyi di Update iOS 16: Face ID Hingga Hapus Kontak

Editor : Sayz Lim

Baca Lainnya