Ada 3 Cara Supaya Macbook Bisa Mengisi Baterai Lebih Cepat, Begini

Senin, 23 Oktober 2023 | 16:31

Makemac - Setiap perangkat gadget atau komputer portable pasti memerlukan baterai sebagai sumber tenaga utama, baik iPhone, iPad, MacBook Pro, MacBook Air dan juga MacBook.

Kali ini tim MakeMac akan berbagi beberapa tips sederhana untuk membantu kamu mengisi baterai atau charging komputer Mac lebih cepat. Simak langsung ya!

1. Mengisi Baterai Saat Tidak Digunakan

Jika kamu ingin mendapatkan pengisian baterai di komputer Mac dengan lebh cepat, silahkan charging dalam kondisi Sleep atau komputer sedang dimatikan.

Dengan begitu tidak ada penggunaan baterai ke hardware komputer lain sehingga proses pengisian bisa berlangsung lebih cepat.

Cara mengecek baterai sudah terisi penuh atau belum juga sangat mudah. Bagi pengguna komputer Mac dengan charger MagSafe 1 dan MagSafe 2, silahkan lihat lampu indikator di bagian ujung yang menempel ke komputer Mac.

Warna hijau sebagai tanda listrik sudah penuh dan orange sebagai tanda masih dalam proses pengisian baterai.

Untuk pengguna MacBook Pro non Retina Display, kamu juga bisa menekan tombol indikator baterai di sisi kiri perangkat.

Sayangnya untuk deretan MacBook dan MacBook Pro baru yang menggunakan charger dengan konektor USB-C, kamu harus menyalakan perangkat dan melihat indikator baterai dari Menu Bar.

2. Tetap Digunakan, Kelola Pengaturan

Jika kamu tetap ingin menggunakan komputer Mac dan mengisi baterai dengan lebih cepat, silahkan kelola beberapa pengaturan sederhana ya.

Pertama adalah cek aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai dengan cara tekan ikon baterai di Menu Bar.

Nantinya akan tampil tulisan Significant Energy dengan ikon aplikasi tersebut. Jika memang sedang tidak digunakan namun menjadi aplikasi yang paling menyedot penggunaan baterai, silahkan keluar dari aplikasi itu agar proses pengisian baterai lebih cepat.

Tips lain adalah mengelola beberapa pengaturan seputar koneksi. Matikan Wi-Fi atau Bluetooth jika tidak sedang digunakan, kurangi tingkat kecerahan layar hingga batas minimal yang masih tetap nyaman untuk dipandang, matikan backlight keyboard serta cabut beragam perangkat tambahan yang terhubung ke komputer seperti Flash Drive, Hard Disk External dan juga memory card misalnya.

Kamu juga bisa mengecek pengaturan Energy Saver di aplikasi System Preferences untuk mengelola beberapa hal lainnya.

Seperti mengijinkan Hard Disk untuk masuk ke Sleep Mode jika sedang tidak digunakan dan juga Power Nap.

Baca Juga: Inilah 10 Aksesoris Macbook Pro yang Harus Dimiliki Untuk Pekerjaan

3. Gunakan MagSafe dengan Daya yang Sesuai

Dalam paket penjualannya, setiap komputer Mac portabel akan mendapatkan perangkat charger dengan daya yang sesuai.

Misalkan untuk MacBook Air 11 inci tahun 2011 adalah 45W MagSafe 1, MacBook Pro Retina Display 13 inci tahun 2012 menggunakan 60W Magsafe2, MacBook Pro Retina Display 15 inci tahun 2015 dengan 85W MagSafe 2 dan lain sebagainya.

Gunakan adaptor MagSafe dengan daya yang sesuai agar menjamin kecepatan pengisian baterai dengan standar yang diberikan oleh Apple.

Apakah kita boleh menggunakan MagSafe dengan daya yang lebih besar? Sebagai contoh 85W Magsafe 2 di MacBook Pro Retina Display 13 inci?

Ya, jawabannya boleh. Komputer Mac tersebut akan mengambil daya listik yang diperlukan saja dan tidak menyebabkan kerusakan pada baterai.

Namun kamu tidak disarankan untuk menggunakan MagSafe dengan daya yang lebih kecil dari ketentuan karena proses pengisian baterai bisa berlangsung lebih lama atau kurang daya.

Berikut ini kutipan penjelasan dari laman Apple Support.

You can use a compatible higher wattage adapter without issue, but it won’t make your computer charge faster or operate differently. Lower wattage adapters don’t provide enough power.

Punya Tips Lainnya?

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengecek kekuatan baterai di perangkat Mac dengan aplikasi Coconut Battery.

Aplikasi ini berfungsi untuk melihat jumlah Cycle Count (proses mengisi baterai dari kondisi habis hingga penuh dianggap 1 Cycle Count), kapasitas pengisian maksimal yang bergantung pada umur baterai dan beberapa hal lainnya.

Silahan unduh CoconutBattery dari tautan di bagian bawah artikel ini ya.

Dari beberapa tips di atas, mana saja yang sudah sering kamu coba atau malah baru tahu setelah membaca artikel ini? Silahkan bagikan di kolom komentar atau Tweet ke @MakeMac ya!

Download Coconut Battery

Baca Juga: Upgrade RAM dan SSD di Mac M1 Ternyata Bisa Dilakukan, Caranya Rumit

Editor : optimization

Baca Lainnya